PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN KONEMATIKA GERAK
Abstract
Model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah salah satu metode penelitian yang umum digunaan di dunia pendidikan. Metode pembelajaran ini memungkinkan peserta didik untuk all out dalam melakukan proses belajar. Pendidik—melalui model ini—akan memaksimalkan setiap kemampuan siswa. Kondisi ini kemudian memunculkan kemungkinan bahwa model ini dapat meningkatkan hasil belajar. Kelas XI MIA SMA Negeri 2 Cirebon tahun pelajaran 2014/2015 adalah siswa dengan hasil belajar pada mata pelajaran fisika yang rendah. Penulis mencoba meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran STAD. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan penelitian tindakan kelas. Jumlah populasi yang terlibat dalam penelitian adalah 33 siswa, dengan jumlah sampel dengan angka yang sama. Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Cirebon tahun pelajaran 2014/2015 mengalami peningkatan. Hasil tersebut kemungkinan memunculkan kesimpulan bahwa model pembelajaran STAD mampu memberi peningkatan yang signifikan untuk kelas XI MIA pada materi konematika gerak pada mata pelajaran fisika.