PENGARUH PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MODERNISASI DAN GLOBALISASI

  • Sri Suningsih
Keywords: PBI, Problem BAsed Instruction, hasil belajar

Abstract

Model pembelajaran terbarukan yang memungkinkan siswa untuk ikut andil dalam proses pembelajaran. Problem Based Learning atau PBI adalah model pembelajaran berbasis masalah dengan pola yang lebih terstruktur dan terarah. Penelitian ini fokus pada penerapan model pembelajaran PBI terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XII IPS 2 untuk materi modernisasi dan globalisasi pada mata pelajaran sosiologi. Metode penelitian yang digunakan disini adalah deskriptif analisis, dimana untuk metode ini, peneliti lebih diarahkan untuk memberi gambaran atas setiap hasil penelitian yang diperoleh. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS 2 yang berjumlah 39 siswa dan memiliki rata-rata nilai sosiologi yang rendah. Kelas XII IPS 2 sendiri memiliki rata-rata nilai 59,8 untuk materi mondernisasi dan globalisasi. Kemudian, pada siklus I yang merupakan siklus lanjutan, nilai rata-rata tersebut meningkat menjadi 75,3 dan kembali meningkat hingga angka 82,5. Di luar daripada hasil di atas, kelas tersebut juga secara riil dan terbukti mampu lulus hingga 100% pasca penerapan PBI di pembelajaran siklus II. Dengan kata lain, secara signifikan, model pembelajaran PBI secara umum dapat memberi pengaruh yang cukup baik terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri 1 Astanajapura pada tahun pelajaran 2016/2017.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-11-25