T, Analisis ANALISIS PELAKSANAAN LEARNING ORGANIZATION DI INSTITUT AGAMA ISLAM BUNGA BANGSA CIREBON
Abstract
Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon (IAI BBC) merupakan salah satu perguruan tinggi agama Islam yang ada di Kabupaten Cirebon yang terdiri dari tiga Faklutas yaitu : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Syariah dan Fakultas Dakwah dan Komunikasi. IAI BBC merumuskan visi dan misi disesuaikan dengan visi dan misi Kementerian Agama Republik Indonesia dan Rencana Strategis PTAIS kedepan. Visi IAI BBC yaitu menjadi PerguruanTinggi Agama Islam Terbaik di Jawa Barat dengan keunggulan Islami, Profesional dan Mandiri di Jawa Barat pada tahun 2018. Untuk mengetahui pelaksanaan Learning Organization digunakan instrumen pengukuran (kuesioner) sub system Learning Organisasi Profile (Buku “Building The Learning Organization”) oleh Michael J. Marquardt (1996), antara lain: (1) Learning Dynamics; (2) Organization Transformation; (3) People Empowerment; (4) Knowledge Management; dan (5) Technology Application. Instrumen ini menggunakan skor dengan empat skala, yaitu: skor 4 (benar-benar terlaksana), skor 3 (terlaksana sebagian besar), skor 2 (terlaksana sebagian), dan skor 1 (terlaksana sedikit/tidak). Setiap subsystem Learning Organisasi Profile terdiri dari 10 indikator. Adapun total jumlah skor sebagai hasil akhir yang diperoleh secara keseluruhan dari instrumen pengukuran (kuesioner) dari 5 (lima) subsystem Learning Organization Profile di IAI Bunga Bangsa Cirebon sudah terlaksana dengan baik.
Kata Kunci : Profil IAI BBC, The Fifth Discipline Learning Organization, Instrumen Learning Organization Profile