Pengaruh Media Sosial Tiktok terhadap Kreativitas Berpikir Generasi Z

  • Amalia Ferniansyah Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) Jawa Barat, Indonesia
  • Siti Nursanti Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) Jawa Barat, Indonesia
  • Luluatu Nayiroh Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) Jawa Barat, Indonesia

Abstract

Penggunaan tiktok dengan intensitas akan berpengaruh terhadap pola pikir pengunanya.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh yang terjadi antara penggunaan media sosial khusnya aplikasi tiktok terhadap kreativitas berpikir dikalangan generasi Z. Penelitian ini memakai metode kuantitatif dengan metode analisis regresi linear sederhana serta didukung dengan teori new media. Sampel pada penelitian kali ini yakni generasi Z pengguna aplikasi tiktok yang aktif di Indonesia sebanyak 196.714.070 pengguna. Hasil Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa atensi dan penghayatan intensitas penggunaan media sosial TikTok berpengaruh terhadap kreativitas berpikir pada generasi Z, Karena bedasarkan hasil signifikan keduanya memiliki hasil dibawah 5% yaitu sig = 0,013 < 5% untuk atensi  dan untuk penghayatan 0,000 < 5% maka dari hasil tersebut ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, sedangkan durasi dan frekuensi intensitas penggunaan media sosial TikTok tidak berpengaruh terhadap kreativitas berpikir pada generasi Z, sebab berdasarkan hasil dari signifikannya keduanya memiliki hasi diatas 5% yaitu 0,380 > 5% untuk frekuensi dan untuk durasi 0,115> 5% maka hasil hipotesisnya  H0 diterima dan H1 ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 18, 2021
How to Cite
FERNIANSYAH, Amalia; NURSANTI, Siti; NAYIROH, Luluatu. Pengaruh Media Sosial Tiktok terhadap Kreativitas Berpikir Generasi Z. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 9, p. 4287-4298, sep. 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/2700>. Date accessed: 22 oct. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i9.2700.