Pengaruh Media Sosial Tiktok terhadap Kreativitas Berpikir Generasi Z

  • Amalia Ferniansyah Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) Jawa Barat, Indonesia
  • Siti Nursanti Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) Jawa Barat, Indonesia
  • Luluatu Nayiroh Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) Jawa Barat, Indonesia
Keywords: media social, tiktok, kreativitas, generasi Z

Abstract

Penggunaan tiktok dengan intensitas akan berpengaruh terhadap pola pikir pengunanya.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh yang terjadi antara penggunaan media sosial khusnya aplikasi tiktok terhadap kreativitas berpikir dikalangan generasi Z. Penelitian ini memakai metode kuantitatif dengan metode analisis regresi linear sederhana serta didukung dengan teori new media. Sampel pada penelitian kali ini yakni generasi Z pengguna aplikasi tiktok yang aktif di Indonesia sebanyak 196.714.070 pengguna. Hasil Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa atensi dan penghayatan intensitas penggunaan media sosial TikTok berpengaruh terhadap kreativitas berpikir pada generasi Z, Karena bedasarkan hasil signifikan keduanya memiliki hasil dibawah 5% yaitu sig = 0,013 < 5% untuk atensi  dan untuk penghayatan 0,000 < 5% maka dari hasil tersebut ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, sedangkan durasi dan frekuensi intensitas penggunaan media sosial TikTok tidak berpengaruh terhadap kreativitas berpikir pada generasi Z, sebab berdasarkan hasil dari signifikannya keduanya memiliki hasi diatas 5% yaitu 0,380 > 5% untuk frekuensi dan untuk durasi 0,115> 5% maka hasil hipotesisnya  H0 diterima dan H1 ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Foss, Stephen W. Littl. John &. Karen. (2018). Teori Komunikasi (9th Ed.; Ria Oktafiani, Ed.). Jagakarsa, Jakarta: Salemba Humanika.

Adawiyah, Dwi Putri Robiatul. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7504 Google Scholar

APJII. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2020, 1–146. Retrieved from https://apjii.or.id/survei

Astuti, Puji. (2013). Pengaruh Event Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Rokok Envio Mild (Survei Pada Konsumen Bisnis Mitra Usaha PT. Djarum di Kab. Bandung) Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. (2010), 2012–2014. Google Scholar

Christiani, Lintang Citra, & Ikasari, Prinisia Nurul. (2020). Generasi Z dan Pemeliharaan Relasi Antar Generasi dalam Perspektif Budaya Jawa. Google Scholar

Cicillia Sendy Setya Ardari. (2016). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Intensitas Penggunaan Media Sosial Pada Remaja Awal. (June).

Dr. Ahmad Susanto, M. Pd. (2013). Teori Belajar Pembelajaran di sekolah dasar (1st ed.). Jakara: Premanadamedia Grup. Google Scholar

Faiqah, Fatty, Nadjib, Muh, & Amir, Andi. (2016). Youtube Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makassarvidgram. Kareba, 5(2), 259–272. https://doi.org/10.1080/14639947.2015.1006801

Hasiholan, Togi Prima, Pratami, Rezki, & Wahid, Umaimah. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Tik Tok Sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan Di Indonesia Untuk Mencegah Covid-19. Communiverse : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 70–80. https://doi.org/10.36341/cmv.v5i2.1278 Google Scholar

Hijriani, Astria, Muludi, Kurnia, & Andini, Erlina Ain. (2016). Implementasi Metode Regresi Linier Sederhana Pada Penyajian Hasil Prediksi Pemakaian Air Bersih Pdam Way Rilau Kota Bandar Lampung Dengan Sistem Informasi Geofrafis. Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 11(2), 37. https://doi.org/10.30872/jim.v11i2.212 Google Scholar

Prianbodo, Bagus. (2018). Pengaruh “Tiktok” Terhadap Kreativitas Remaja Surabaya. Skripsi. Google Scholar

Puspita, Yesi. (2015). The Usage of New Media to Simplify Communication and Transaction of Gay Prostitute. Jurnal Pekommas, 18(3), 203–212. Google Scholar

Rubiyati, Muhamad Asrori, Luhur Wicaksono. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Instagram Terhadap Kreativitas Belajar Pada Remaja Kelas VII. Jurnal Untan, 1–8. Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/25681/75676576765

Rulli Nasrullah. (2017). media sosial “perspektif komunikasi,budaya, dan sosioteknologi” (nunik siti nurbaya, ed.). Simbiosa Rekatama Media. Google Scholar

Saputra, Rino. (2016). Efek game online terhadap kreatifitas berpikir anak di Kelurahan Kadia Kecamatan Kadia Kota Kendari. Journal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 1(3), 1–16. Google Scholar

Sari, Milya. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53. Retrieved from https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555/1159

Septianingsih, Nila, Asmawati, Luluk, & Sayekti, Tri. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Bahan Bekas. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 137. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v4i2.4653 Google Scholar

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung:
Published
2021-09-18