Peran Pemerintah Daerah dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) “Handycraft” Limbah Kayu Jati Sebagai Produk Unggulan Kabupaten Bojonegoro

  • Marantika Fibrianti Sumadi Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur, Indonesia
  • Ananta Prathama Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Pencapaian standar pembangunan nasional dapat dilihat dari pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan. Indikasi achivment pembangunan nasional adalah melalui pembangunan ekonomi. Pembangunan ekonomi menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat yang menggunakan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Salah satunya dari sektor UMKM, dalam mengembangkan UMKM ini merupakan kewenangan pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam mengatur otonomi daerah. Sehingga peran pemerintah daerah dalam pengembangan UMKM menjadi faktor penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, peran pemerintah daerah dalam pengembangan UKM kerajinan limbah kayu jati sebagai produk unggulan Bojonegoro. Penelitian ini berfokus pada penerapan peran pemerintah dalam mengembangkan UKM yang efektif dan optimal yang diusulkan oleh Gede Diva. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi untuk mendapatkan data kualitatif, serta teknik dokumentasi yang digunakan untuk mendapatkan gambar yang valid di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pemerintah dalam pengembangan UKM menggunakan teori Gede Diva cukup berperan. Dibuktikan dengan tiga fokus tersebut, peran pemerintah sebagai fasilitator, regulator, dan katalisator yang selama ini berperan dalam pengembangan UKM kerajinan limbah kayu sebagai produk unggulan Bojonegoro.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 22, 2021
How to Cite
SUMADI, Marantika Fibrianti; PRATHAMA, Ananta. Peran Pemerintah Daerah dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) “Handycraft” Limbah Kayu Jati Sebagai Produk Unggulan Kabupaten Bojonegoro. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 5, p. 2322-2335, may 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/2701>. Date accessed: 29 nov. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i5.2701.