Jalan Terjal Online Travel Platform Hadapi Pandemi

  • Komang Gita Krishna Murti Universitas Pendidikan Nasional, Denpasar Bali, Indonesia
  • Gede Sri Darma Universitas Pendidikan Nasional, Denpasar Bali, Indonesia
Keywords: Platform Digital, Competitive Intelligence, Marketing 4.0, Investor Funding, Citizen 4.0, Covid 19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana strategi yang perusahaan rintisan lakukan untuk dapat bertahan di saat krisis pandemi sedang terjadi. Penelitian Competitive intelligence dan marketing 4.0 terdahulu digunakan sebagai panduan dalam penyusunan pertanyaan wawancara dan juga analisis data. Data dikumpulkan melalui proses wawancara secara mendalam semi-terstruktur yang melibatkan 6 narasumber utama yaitu CEO, CMO dari besthostels Indonesia, 2 pemilik property yang mendaftarkan propertynya di besthostels indonesia dan juga 2 konsumen yang sudah lebih dari 2 kali melakukan reservasi di platform besthostels Indonesia. Data kemudian dianalisis melalui proses coding dan themeing. Penelitian ini mengindikasikan terdapat 4 faktor utama yang membuat bestostels Indonesia dapat bertahan disaat terjadinya krisis pandemi, yaitu competitive intelligence, marketing 4.0, citizen 4,0 dan juga investor funding. Penelitian ini menawarkan sebuah model yang komprehensif untuk memahami ‘faktor faktor' yang mempengaruhi keberhasilan sebuah perusahaan rintisan menghadapi krisis. Model ini dapat dijadikan sebagai acuan bagi penelitian berikutnya untuk mendapatkan bukti empiris yang dapat pada generalisasi terkait faktor faktor yang mempengaruhi keberhasilan perusahaan rintisan menghadapi krisis. Selain itu, penelitian ini juga dapat dijadikan refrensi berharga bagi individu yang ingin memulai perusahaan rintisan nya sendiri dan strategi yang tepat untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-05-22