Penerapan Manajemen Pembelajaran Seni Musik pada Masa Pandemi (Studi Kasus di SMA-Manado Independent School (MIS) Manado)

  • Meyny S C Kaunang Universitas Negeri Manado, Indonesia
Keywords: Manajemen, Pembelajaran, Seni Musik, SMA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keunggulan dalam pengelolaan Pembelajaran Seni Musik (Manajemen). Adapun manajemen pembelajarannya dilihat pada Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan dan Pengendalian. Penelitian ini Menggunakan Pendekatan Deskriptif Kualitatif, dengan Tekhnik pengumpulan data Observasi, Wawancara dan Studi Dokumentasi, semua dilakukan di lingkungan SMA-MIS (Manado Independen School) Manado. Penelitian ini dilaksanakan di SMA-MIS (Manado Independen School), SMA-MIS yang merupakan satu-satunya sekolah yang memiliki keunggulan dibidang pembelajaran seni musik yang terdiri dari piano, vokal choir, alat tiup, band, drum, dan musik daerah kulintang. Pada masa Pandemi ini tidak ada perubahan baik kualitas maupun prestasi yang masih tetap unggul dari sekolah lainnya. Penekanan penelitian ini difokuskan pada penggunaan Ilmu Manajemen Analisis Pembelajaran Seni Musik pada masa Pandemi Covid 19 saat ini. Penelitian ini menggambarkan pelaksanaan dan pengelolaan manajemen pembelajaran Seni Musik dimasa Pandemi Covid 19 yang mendukung Proses Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan dan Pengendalian Seni di SMA.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-05-21