PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMA

  • Handayani Eka Putri
Keywords: Pembelajaran Kooperatif, strategi konflik kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penambahan kemampuan representasi matematis kelas eksperimen dengan kelas kontrol, serta jika ditinjau berdasarkan KAM (tinggi, sedang, rendah). Desain penelitian lebih mengarah pada kuasi eksperimen non-equivalent group. Teknik sampling yang digunakan lebih pada metode purposive sampling dan berhasil menjaring 34 siswa kelas eksperimen dan 31 siswa kelas kontrol dari SMA negeri di Bandung. Pada proses pelaksanaannya kelas eksperimen memeroleh pembelajaran kooperatif dengan pendekatan strategi konflik kognitif. Sedang berlainan dengan kelas eksperimen, kelas kontrol hanya memeroleh pembelajaran kooperatif tanpa pendekatan yang diperoleh kelas eksperimen. Hasil penelitian menyebutkan bahwa keterampilan representatsi matematis siswa lebih dimiliki kelas eksperimen dibanding kelas kontrol. Selain itu berdasarkan KAM, kelonjakan keterampilan representasi matematis siswa di kelompok tinggi dan sedang cenderung dimiliki oleh kelas eksperimen dibanding kelas kontrol. Akan tetapi, hal berkebalikan terjadi pada kelompok rendah, dimana pada masing-masing kelas yakni kelas eksperimen dan kontrol tidak begitu ada peningkatan. Sehingga, dapat dikatakan bahwa, kedua kelas untuk kelompok rendah cenderung sama.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-23