Figur Pemimpin Autentik dalam Menunjang Kreativitas Pekerja Media Di Industri Televisi

  • Chindy Y Subandrio Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung Jawa Barat, Indonesia
  • Anissa Lestari Kadiyono Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung Jawa Barat, Indonesia
Keywords: kepemimpinan autentik, kreativitas, pekerja media

Abstract

Kepemimpinan autentik dapat menghasilkan kesadaran diri yang lebih besar, mendorong perilaku positif, serta mendorong perkembangan diri yang positif pada pegawai dalam suatu setting organisasi. Autentisitas pemimpin merupakan manifestasi dari dimensi kesadaran diri, transparansi hubungan, pemrosesan informasi berimbang, dan internalisasi perspektif moral. Autentisitas pemimpin dapat menumbuhkan perilaku positif dari Sumber Daya Manusia, salah satunya adalah kreativitas. Kreativitas merupakan suatu proses untuk menumbuhkan atau menghasilkan atau mengonstruksikan suatu ide, gagasan, ataupun solusi yang memiliki nilai kebaharuan dan bermanfaat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kepemimpinan autentik dengan kreativitas pegawai yang bekerja di kantor media televisi X. Kepemimpinan autentik merupakan gaya kepemimpinan yang belum banyak di teliti di Indonesia. Dari dimensi yang terkandung didalamnya, figur kepemimpinan autentik diperlukan sebagai faktor penunjang kreativitas para pekerja media.  Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel total (total sampling). Terdapat 30 partisipan penelitian yang terdiri dari pegawai organik dan kontributor yang terafilisasi dengan kantor media TV X di Jawa Barat. Kepemimpinan autentik diukur dengan menggunakan Authentic Leadership Questionnaire. Kreativitas pegawai diukur dengan menggunakan skala kreativitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hasil korelasi positif yang signifikan antara tipe kepemimpinan autentik dengan kreativitas pegawai.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-05-21