Strategi Pembelajaran Bahasa Jepang “Kaiwa’’

  • Mariam Toliwongi Universitas Negeri Manado, Indonesia
Keywords: strategi, belajar, bahasa Jepang, kaiwa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi pembelajaran Kaiwa bahasa Jepang Mahasiswa Prodi Pend. Bahasa Jepang FBS Unima  (2) faktor-faktor yang mendasari penggunaan strategi pembelajaran bahasa Jepang. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah dosen pengampu mata kuliah kaiwa.. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan diantaranya: yaitu strategi memori, strategi kognisi, dan strategi kompensasi Pada alur pembelajaran tahap pengantar (dounyuu) untuk pengenalan dan penjelasan materi menggunakan bahasa Indonesia dan menampilkan slide. Pada latihan dasar (kihon renshuu) strategi yang digunakan yaitu tanya jawab dan drill. Pada latihan penerapan (ouyou renshuu).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-05-21