Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Melalui Induktivisasi

  • Sandra Bayu Kurniawan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Jawa Tengah, Indonesia
  • Anesa Surya Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Jawa Tengah, Indonesia
  • Siti Istiyati Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Jawa Tengah, Indonesia
  • Sularmi Sularmi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Jawa Tengah, Indonesia
  • Hadiyah Hadiyah Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: kemampuan guru, pembelajaran matematika, induktivisasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah merumuskan model pengembangan pembelajaran dan menyusun bahan ajar matematika Sekolah Dasar (SD) dengan pendekatan induktif, untuk guru SD yang memiliki latar pendidikan sarjana non-pendidikan matematika. Jenis penelitian adalah mixed kualitatif dan kuantitatif dengan jenis research and development. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan: tes dan angket. Subjek penelitian adalah 30 guru SD dari kecamatan Imogiri, kecamatan Piyungan, dan kecamatan Jetis di kabupaten Bantul Yogyakarta. Teknik analisis data dengan uji keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran dengan pendekatan induktif pada matematika SD didasarkan pada kombinasi penguasaan dan pemahaman antara teori belajar Bruner dan Piaget, pemilihan dan menganalisis materi matematika prasyarat, serta menganalisis bentuk terstruktur materi matematika yang akan dipelajari. Bahan ajar disusun guru didasarkan pada teori belajar Bruner, yakni tahapan enactif, iconic, dan symbolic. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan pendekatan induktif telah meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan perolehan skor efektivitas N-Gian 1.21 berkategori tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-05-21