PENGARUH PENERAPAN SENAM HOOK UPS TERHADAP TINGKAT PERCAYA DIRI ANAK KELAS DUA MIN GUWA KIDUL

  • Sutiati Bardja
Keywords: Senam Hook Ups, Tingkat Percaya Diri

Abstract

Salah satu aspek  yang perlu diperhatikan pada siswa sekolah  adalah percaya diri (self confidence), percaya diri merupakan salah satu modal dalam kehidupan yang harus ditumbuhkan pada  setiap siswa agar mereka dapat menjadi manusia yang bisa mengontrol berbagai aspek yang ada pada dirinya. Masalah fisik, obesitas dan kurangnya berat badan, keterlambatan dalam menerima pelajaran di kelas, yang mengakibatkan seorang anak kurang percaya diri. Salah satu metodenya yaitu dengan memberikan gerakan senam hook ups.  Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan senam hook ups terhadap peningkatan percaya diri anak kelas dua. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu atau quasy eksperimen tanpa kelompok pembanding (one group pretest and post test), dengan jumlah sampel sebanyak 35 siswa kelas dua MIN Guwa Kidul. Pengumpulan data selama satu bulan untuk pre test dilakukan dengan responden mengisi kuisioner sebelum intervensi,  post test  dilakukan pengumpulan data pada minggu ke empat. Uji statistik dengan Uji Paired t – test dengan nilai t- post test 85.636 dan p Value 0.000. Hasil uji statistik didapatkan bahwa  ada perbedaan tingkat percaya diri sebelum dan sesudah dilakukan senam Hook Ups dengan nilai mean 0,32 dan menunjukkan ada peningkatan tingkat percaya diri setelah dilakukan senam Hook Ups ( p value 0,000). Diharapkan terapi senam Hook Ups dapat dilakukan secara berkala atau rutin dengan tujuan meningkatkan tingkat percaya diri pada anak kelas dua MIN Guwa Kidul.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-23