PENGARUH PEMBELAJARAN IPS TERHADAP PEMAHAMAN NILAI SOSIAL DAN BUDAYA STUDI PADA PESERTA DIDIK SMK AL- IHYA SELAJAMBE

  • Yogi Iskandar

Abstract

Dalam penelitian ini mendeskrifsikan mengenai pemasalahan pemahaman nilai sosial dan budaya yang dapat dipecahkan melalui pembelajaran IPS pada peserta didik SMK Al-Ihya Selajambe. Metode Penelitian menggunakan analisis deskrifsi yang terdiri dari uji validitas, reliabilitas, analisis deskrifsi, koefisien korelasi, normalitas data, regresi dan uji hipotesis dengan alat bantu angket yang dibagi kepada 156 responden yang dihasilkan melalui perhitungan sampel dengan rumus slovin dari 256 peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahawa terdapat pengaruh positif antara pembelajaran IPS terhadap pemahaman nilai sosial dan budaya. Hal ini ditunjukan melalui perhitungan hipotesis dimana t hitung = 10,788 > 0,159 t tabel. Dengan demikian peserta didik dan guru sebaiknya melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar pada mata pelajara IPS dilaksanakan sebaik mungkin

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-23