PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIK SISWA

  • Yosi Adiputra
Keywords: Model Pembelajaran Quantum, Pemahaman Matematik

Abstract

Satu dari sekian sebab terpuruknya nilai matematika adalah karena penerapan model pembelajaran yang kurang tepat. Pembelajaran dengan pola konvensional lebih membuat siswa pasif. Satu diantara banyak alternatif pembelajaran yang menyenangkan dan nyaman bagi siswa adalah pembelajaran dengan bentuk Quantum. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan peran penggunaan pembelajaran Quantum pada peningkatan pemahaman siswa akan materi matematik. Populasi penelitian melibatkan seluruh kelas VIII H dan VIII I SMPN 2 Tasikmalaya. Sampling penelitian lebih pada pendekatan  purposive sampling dan melibatkan seluruh kelas VIII H dengan 43 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII I dengan 42 siswa sebagai kelas kontrol. Pembelajaran dengan pendekatan Quantum dilakukan pada kelas eksperimen. Sedangkan untuk kelas kontrol, pembelajaran lebih mengarah pada pola-pola konvensional. Teknik analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Hasil dari penelitian ini membuahkan kesimpulan yang menyebutkan bahwa, terdapat pengaruh dan dampak positif pembelajaran Quantum terhadap peningkatan pemahaman matematik siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-23