PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN TENTANG GAMBAR DENAH DI KELAS XI BB SMK NEGERI 2 BOGOR SEMESTER III TAHUN PELAJARAN 2014/2015

  • Abdul Wahab
Keywords: model pembelajaran kooperatif type jigsaw, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk; 1) mengetahui kecenderungan model belajar  cooperative type jigsaw yang memberi peningkatan pada hasil belajar peserta siswa di materi Merencanakan Gambar Denah di kelas XI BB SMK Negeri 2 Bogor, 2) mendeskripsikan proses pembelajaran sesudah dan sebelum penerapan pembelajaran cooperative type jigsaw, 3) mengukur besarnya peningkatan yang diberikan model pembelajaran tersebut pada prestasi hasil belajar peserta didik di kelas XI BB SMK Negeri 2 Bogor pada materi Merencanakan Gambar Denah. Penelitian ini melibatkan seluruh siswa XI BB SMK Negeri 2 Bogor. Metode penelitian yang digunakan disini adalah penelitian tindakan kelas. Populasi penelitian berjumlah 36 siswa yang terdiri 19 laki-laki dan 17 sisanya perempuan. Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran cooperative type jigsaw siswa kelas XI BB dapat lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Sementara itu, melalui pembelajaran ini juga siswa menjadi lebih dapat menyerap materi dan berdampak baik pada peningkatan prestasi siswa. Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa model belajar tersebut dapat memberi dampak baik pada peningkatan hasil belajar siswa pada materi Merencanakan Gambar Denah di kelas XI BB SMK Negeri 2 Bogor.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-30