PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TYPE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR TENTANG KONSEP SISTEM OPERASI DI KELAS X TI B SMK NEGERI 2 BOGOR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2014-2015

  • Hadi Paripurnawan
Keywords: type pembelajaran problem based learning, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk; 1) mengetahui pengaruh yang ditimbulkan dari penerapan model pembelajaran type problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi konsep sistem operasi dasar, 2) mendeskripsikan peningkatan yang terjadi pada materi konsep sistem operasi dasar sebelum dan sesudah model pembelajaran baru diterapkan, 3) mengukur besarnya peningkatan hasil belajar pada materi konsep sistem operasi dasar setelah penerapan model pembelajaran baru. Penelitian ini bermetodekan penelitian tindakan kelas dan melibatkan seluruh  siswa X TI B SMK Negeri 2 Bogor sebagai subjek penelitian, sekaligus populasi dan sampel penelitian. Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa Model Pembelajaran Type Problem Based Learning secara signifikan memberi pengaruh baik terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal itu terbukti dengan meningkatkan keaktifan siswa selama proses pembelajaran. Di samping itu, peneliti juga mendapati rerata hasil belajar siswa senantiasa meningkat seiring penerapan siklus. Dengan rincian di atas, dapat dikatakan bahwa model pembelajaran type problem based learning dapat memberi peningkatan pada hasil belajar pada materi konsep sistem operasi dasar pada kelas X TI B SMK Negeri 2 Bogor.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-30