D, Penerapan PENERAPAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS

  • Deddy Setiawan

Abstract

Salah satu tujuan dari pembelajaran bahasa Inggris kelas XI adalah siswa dapat melakukan percakapan dan menulis teks pemaparan jati diri secara lisan dan tertulis. Siswa SMAN 2 Cirebon khususnya kelas XI MIPA 4 memiliki kemampuan bahasa Inggris paling rendah dibandingkan dengan kelas lainnya yang diampu penulis khususnya dalam keterampilan berbicara. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata keterampilan berbicara yaitu hanya 60 sedangkan standar rata-rata yang ditetapkan oleh SMAN 2 Cirebon untuk keterampilan berbicara adalah 80. Selain itu rata-rata nilai tes tulis yang dicapai oleh kelas XI MIPA 4 SMAN 2 Cirebon adalah 66,9 dengan ketuntasan hanya 52,4%. Penelitian ini dilakukan dalam 2 (dua) siklus yang berlangsung selama 2 (dua) bulan. Dari siklus 1 didapat peningkatan rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 72,4 yang berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berbicara yaitu sebesar 75,2 dengan rata-rata nilai kelas 78,5 dan ketuntasan belajar 73,8%. Walaupun mengalami peningkatan namun indikator ketercapain belum terpenuhi maka dilakukan siklus 2 (dua) dengan pencapaian aktivitas belajar sebesar 84,8 yang diiring dengan peningkatan kemampuan berbicara yaitu 88,6 serta rata-rata nilai 88,2 dengan ketuntasan belajar 100 %. Hasil ini menunjukan ketetapan semua indikator telah dicapai, dengan demikian penggunaan model Role Playing dapat meningkatkan aktivitas belajar, kemampuan berbicara dan hasil belajar.

 

Kata Kunci : Aktivitas, Berbicara, Role Playing

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-12-21