Analisis Faktor Konsep Diri, Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar terhadap Disiplin Belajar Ekonomi
Abstract
Disiplin belajar menjadi hal yang penting dalam proses pelaksanaan pendidikan, rendahnya tingkat disiplin belajar pada siswa dapat menjadikan proses pembelajaran terhambat. Adanya sikap disiplin belajar pada siswa juga dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri dan luar diri siswa. Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui pengaruh dari variabel konsep diri, lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap disiplin belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 14 Surabaya. Dengan penentuan sampel menggunakan teknik random sampling dan menghasilkan jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 104 siswa dari kelas XI IPS. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket atau kuisioner dan untuk menganalis data menggunakan metode analisis data deskriptif serta analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa konsep diri berpengaruh secara positif terhadap disiplin belajar. Variabel lingkungan keluarga berpengaruh secara parsial terhadap disiplin belajar serta variabel motivasi belajar berpengaruh positif terhadap disiplin belajar mata pelajaran ekonomi siswa Kelas XI SMA Negeri 14 Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh positif konsep diri, lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap disiplin belajar ekonomi, sehingga penelitian ini dapat dijadikan masukan guna memperkuat hubungan kerjasama antara siswa, orang tua dan guru dalam proses pembelajaran ekonomi.
Downloads
References
Amrizal, Aidy Setiadi, Aspin, & Arifyanto, Alber Tigor. (2020). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Disiplin Belajar. Jurnal Bening, 4, 77–86. Google Scholar
Anwaroti, Ismatul, & Humaisi, Syafiq. (2020). Meningkatkan Disiplin Belajar Melalui Konsep Diri Siswa. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 1(2), 115–126. https://doi.org/10.21154/asanka.v1i2.2204 Google Scholar
Chulsum, Umi. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kedisiplinan Siswa, Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Di Sma Negeri 7 Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 5(1), 5. https://doi.org/10.26740/jepk.v5n1.p5-20 Google Scholar
De Ridder, Denise T. D., Lensvelt-Mulders, Gerty, Finkenauer, Catrin, Stok, F. Marijn, & Baumeister, Roy F. (2012). Taking stock of self-control: A meta-analysis of how trait self-control relates to a wide range of behaviors. Personality and Social Psychology Review, 16(1), 76–99. https://doi.org/10.1177/1088868311418749 Google Scholar
Gorbunovs, Aleksandrs, Kapenieks, Atis, & Cakula, Sarma. (2016). Self-discipline as a key indicator to improve learning outcomes in e- learning environment. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 231(May), 256–262. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.09.100 Google Scholar
Hartuti, Purni Munah. (2015). Peran Konsep Diri, Minat dan Kebiasaan Belajar Peserta Didik terhadap Prestasi Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 91–99. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i2.329 Google Scholar
Khairinal, Kohar, Farida, & Fitmilina, Dina. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Sman Titian Teras. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 379–387. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i2.276 Google Scholar
Ma’sumah, Siti. (2015). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negri Se-Daerah Binaan II Kecamatan Pertanahan Kabupaten Kebumen. Skripsi Universitas Negeri Semarang. Google Scholar
Mestry, Raj, & Khumalo, Jan. (2012). Governing bodies and learner discipline: Managing rural schools in South Africa through a code of conduct. South African Journal of Education, 32(1), 97–110. https://doi.org/10.15700/saje.v32n1a402 Google Scholar
Mustikaningtyas, Kiky Almira, & Wiryosutomo, Hadi Warsito. (2020). Pengaruh Keterlibatan Orangtua dan Dukungan Teman Sebaya terhadap Perilaku Disiplin Siswa di Sekolah SMKN 6 Surabaya. Jurnal BK Unesa, 11(2), 170–177. Google Scholar
Mz, Ihsan. (2018). Peran Konsep Diri Terhadap Kedisiplinan Siswa. Nalar: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 2(1), 1. https://doi.org/10.23971/njppi.v2i1.915 Google Scholar
Novita, Lina, Windiyani, Tustiyana, & Suhrawardi, Dina Aprilia. (2019). Hubungan antara konsep diri dengan disiplin siswa. Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 30–35. Google Scholar
Pratiwi, Rhomadani Sinta, & Muhsin. (2018). Pengaruh Tata Tertib Sekolah, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Teman Sebaya, dan Minat Belajar Terhadap Disiplin Belajar. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 638–653. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/28281 Google Scholar
Rahmawati, Vita Dwi, & Pudjiastuti, Endang. (2018). Studi Deskriptif Mengenai Konsep Diri Pada Siswa Remaja Tunarungu Di SMK BPP Kota Bandung. Jurnal Psikologi, 4, 301–306.
Reski, Niko, Taufik &. Ifdil. (2017). Konsep Diri dan Kedisiplinan Belajar Siswa. Jurnal Education: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 85–91. Retrieved from https://jurnal.iicet.org/index.php/j-edu/article/viewFile/184/210
Sadirman, A. .. (2015). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Google Scholar
Sahputra, Dika, & Hutasuhut, Dina Hidayati. (2019). Kontribusi Dukungan Orangtua Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Enlighten (Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam), 2(1), 35–39. https://doi.org/10.32505/enlighten.v2i1.1216 Google Scholar
Setiyawati, Vika, & Subowo. (2018). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Peran Guru terhadap disipli belajar siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 29-44. Google Scholar
Slameto. (2017). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Google Scholar
Sugiarto, Ahmad Pujo, Suyati, Tri, & Yulianti, Padmi Dhyah. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X Smk Larenda Brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21279 Google Scholar
Yanti, Yuli, & Marimin. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga dan Peran Guru Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 29–44. Google Scholar