Analisis Faktor Konsep Diri, Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar terhadap Disiplin Belajar Ekonomi

  • Arindha Saumadhani Universitas Negeri Surabaya (UNESA) Jawa Timur, Indonesia
  • Jun Surjanti Universitas Negeri Surabaya (UNESA) Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Disiplin belajar menjadi hal yang penting dalam proses pelaksanaan pendidikan, rendahnya tingkat disiplin belajar pada siswa dapat menjadikan proses pembelajaran terhambat. Adanya sikap disiplin belajar pada siswa juga dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri dan luar diri siswa. Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui pengaruh dari variabel konsep diri, lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap disiplin belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 14 Surabaya. Dengan penentuan sampel menggunakan teknik random sampling dan menghasilkan jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 104 siswa dari kelas XI IPS. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket atau kuisioner dan untuk menganalis data menggunakan metode analisis data deskriptif serta analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa konsep diri berpengaruh secara positif terhadap disiplin belajar. Variabel lingkungan keluarga berpengaruh secara parsial terhadap disiplin belajar serta variabel motivasi belajar berpengaruh positif terhadap disiplin belajar mata pelajaran ekonomi siswa Kelas XI SMA Negeri 14 Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh positif konsep diri, lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap disiplin belajar ekonomi, sehingga penelitian ini dapat dijadikan masukan guna memperkuat hubungan kerjasama antara siswa, orang tua dan guru dalam proses pembelajaran ekonomi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 19, 2021
How to Cite
SAUMADHANI, Arindha; SURJANTI, Jun. Analisis Faktor Konsep Diri, Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar terhadap Disiplin Belajar Ekonomi. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 6, p. 2649-2660, june 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/2913>. Date accessed: 30 july 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i6.2913.