Analisis Optimasi Model Bisnis Perusahaan Fintech Berbasis Equity Crowdfunding Menggunakan Business Model Canvas
Abstract
Seiring dengan perkembangan teknologi dan internet, proses pengumpulan dana menjadi lebih modern dengan ruang lingkup yang lebih besar yang dikenal dengan istilah crowdfunding. Terlebih dengan munculnya perusahan-perusahan yang fokus pada financial technology dan meningkatnya minat investasi pada generasi millenial, crowdfunding khususnya yang berbasis investasi menjadi salah satu tujuan investasi yang menarik. Santara sebagai perusahaan equity crowdfunding pertama berizin OJK berusaha membuat platform investasi dengan tujuan pengembangan UKM yang ada di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran model bisnis Santara saat ini dengan Business Model Canvas dan memberikan rekomendasi Business Model Canvas yang baru untuk ditawarkan ke Santara. Metode penelitian ini menggunakan mixed methods dengan model desain concurrent embedded. Teknik pengumpulan data kualitatif dengan melakukan wawancara dengan 5 narasumber dan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 8 narasumber di Santara. Teknik analisis data menggunakan reduction, data display, conclusion serta analisis SWOT dari hasil kuesioner dengan menggunakan Skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari sembilan blok Business Model Canvas ada tujuh blok Business Model Canvas yaitu customer segment, value proposition, channel, customer relationship, key activity, key partnership dan cost structure yang ada penambahan pada blok bangunan masing-masing.
Downloads
References
Bilqis, Fitriyana. (2017). Model Bisnis Industri Rajut Pada CV Eka Jaya Mandiri Dengan Pendekatan Business Model Canvas di Binong Jati Bandung. Perpustakaan. Google Scholar
DBS. (2018). Rahasia Perkembangan Fintech di Indonesia, Industri Digital yang Berkembang Pesat.
Febriani, Melisa. (2017). Analisis yuridik terhadap perjanjian baku dalam praktik crowdfunding berbasis donasi berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen. Google Scholar
Listyorini. (2020). Memahami Equity Crowdfunding.
Muamar, Y. (2020). Ini Tiga Investasi yang Diprediksi Bakal Diminati Milenial.
Noviarto, Aster Prima, & Sulistijono, Sulistijono. (2016). Analisis Penguatan Model Bisnis Dengan Menggunakan Business Model Canvas (studi Kasus Pada Bisnis Tas Esgotado Tahun 2016). EProceedings of Management, 3(3). Google Scholar
Prasetyawati, Puji. (2017). Tinjauan hukum crowdfunding syariah sebagai media alternatif pembiayaan= Legal analysis of sharia crowdfunding as alternative method of financing. Google Scholar
Putri, Fitri Fatimah Patmana, & Alfanur, Farah. (2014). Analisis Inovasi Model Bisnis Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas (Studi Pada Bebek Garang Bandung Tahun 2014). EProceedings of Management, 1(3). Google Scholar
Qolbi, N. (2019). Ini tantangan fintech equity crowdfunding menurut Aftech.
Radar Jogja. (2019). Santara, Ini Teknologi Finansial Asli Jogja.
Rahayu, N. (2018). Beri Kemudahan Finansial, 8 Startup Fintech ini Sukses di Pasaran.
Ryza, P. (2020). Mengenal Platform “Equity Crowdfunding†di Indonesia.
Sugiyono, P. D. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Vol. 8). Alfabeta. Bandung. Google Scholar
Tirdanatan, Nia Utami, Georgiana, Vina, & Sun, Yen. (2014). Evaluasi Good Corporate Governance atas Kebutuhan Donatur pada Penerapan Crowdfunding di Indonesia: Studi Kuantitatif dan Kualitatif pada Efekrumahkaca. Net, Patungan. Net, dan Wujudkan. Com. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(1), 123–135. Google Scholar