PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEMASARAN ONLINE PADA SISWA KELAS X PEMASARAN SMK BINA BANGSA SEDONG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Model pembelajaran problem based learning adalah satu dari sekian metode belajar kooperatif yang banyak digunakan pendidik. Adapun tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui keberpengaruhan model pembelajaran problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X Pemasaran SMK Bina Bangsa Sedong pada mata pelajaran pemasaran online. Populasi yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa dengan sampel yang memiliki jumlah sama. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas X Pemasaran SMK Bina Bangsa Sedong. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi dan uji kompetensi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan lembar penilaian. Teknik analisis penelitian menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa metode pembelajaran problem based learning secara perlahan mampu memberi dampak baik terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X Pemasaran SMK Bina Bangsa Sedong tahun pelajaran 2016/2017.