Hybrid Learning sebagai Alternatif Model Pembelajaran Elektronika Dasar di SMK Al Azhar Azzayyadiyah

  • Miftahurrohmah Miftahurrohmah Universitas Negeri Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Supari Muslim Universitas Negeri Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Theodorus Wiyanto Universitas Negeri Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Tri Rijanto Universitas Negeri Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Mochamad Cholik Universitas Negeri Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Keywords: Convensional Learning, e-Learning, Hybrid Learning

Abstract

Penerapan model pembelajaran tatap muka merupakan model pembelajaran yang paling mudah dilakukan oleh guru. Tetapi, guru juga harus lebih kreatif mengkolaborasikan model pembelajaran tatap muka dengan model pembelajaran yang lain, misalnya dikolaborasikan dengan model pembelajaran berbasis online atau pembelajaran elektronik (e-learning). Penerapan e-learning berbasis web ini dapat menjadi lebih interaktif dalam pembelajaran. Pada sistem e-learning ini tidak memiliki batasan akses, kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan lebih banyak waktu. Keluasan dari segi waktu ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih waktu belajar sendiri, sehingga siswa mempunyai waktu yang cukup untuk mengembangkan pengetahuan dan pemikirannya. Tujuan dari artikel ini yaitu mengkaji penerapan Hybrid Learning sebagai alternatif model pembelajaran elektronika dasar di SMK Al Azhar Azzayyadiyah. Metode Penelitian dari artikel ini adalah studi literatur dengan cara mempelajari dan menelaah jurnal yang berkaitan. Pembelajaran Hybrid Learning bisa dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran elektronika dasar di SMK Al Azhar Azzayyadiyah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-20