Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan dan Pengaruhnya terhadap Minat Beli Ulang Di Toko Bangunan Cangkiran Semarang

  • Alfi Ramdhani Putrakoranto Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Harry Soesanto Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: bahan bangunan, customer satisfaction, kualitas pelayanan, minat beli ulang, structural equation modelling (SEM)

Abstract

Perkembangan geliat ekonomi di Negara Indonesia memiliki dampak terhadap kehidupan manusia, salah satunya pada dunia wirausaha pada era saat ini. Penelitian tersebut bertujuan guna menganalisa apa saja faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan serta terhadap minat beli ulang di Toko Bangunan Cangkiran Semarang. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian tersebut adalah data primer. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan jenis sensus. Pengukuran level yang digunakan adalah level interval. Pada penelitian tersebut diolah menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) menggunakan bantuan Software AMOS 22. Variabel hipotesis yang digunakan pada penelitian tersebut adalah pertama pengaruh persepsi promosi harga terhadap kualitas produk, kedua pengaruh persepsi promosi harga terhadap kualitas pelayanan, ketiga pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, keempat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, dan kelima pengaruh kepuasan pelanggan terhadap minat pembelian ulang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kelima hipotesis tersebut menunjukan hasil yang positif dan dapat diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almohaimmeed, Bader M. A. (2017). Restaurant Quality And Customer Satisfaction. International Review Of Management And Marketing, 7(3). Google Scholar

Armstrong, Deanne, Shakespeare-Finch, Jane, & Shochet, Ian. (2016). Organizational Belongingness Mediates The Relationship Between Sources Of Stress And Posttrauma Outcomes In Firefighters. Psychological Trauma: Theory, Research, Practice, And Policy, 8(3), 343. Google Scholar

Augusty, Ferdinand. (2011). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, Dan Disertasi Ilmu Manajemen, Edisi 3. Agf Books, Fakultas Ekonomika Dan Bisnis. Google Scholar

Canny, Ivyanno U. (2013). The Role Of Food Quality, Service Quality, And Physical Environment On Customer Satisfaction And Future Behavioral Intentions In Casual Dining Restaurant. The 7th National Research Management Conference, Sriwijaya University-Palembang, Indonesia (27-28 November 2013). Google Scholar

Denniswara, Edo Praditya. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Intensi Membeli Ulang Produk My Ideas. Journal Of Business Management, 1(4). Google Scholar

Ghozali, Imam. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjar. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 3(1). Google Scholar

Gnoth, Juergen, Andreu, Luisa, Kozak, Metin, Campo, Sara, & Yagüe, María Jesús. (2009). Exploring Non‐Linear Effects Of Determinants On Tourists’ Satisfaction. International Journal Of Culture, Tourism And Hospitality Research. Google Scholar

Jana, Abhisek. (2014). Impacts Of The Attributes Of Service Quality On Customer Satisfaction And The Interrelationship Among Service Quality, Customer Satisfaction And Customer Loyalty. Johar, 9(2). Google Scholar

Lewis, Ted G. (2014). Booms. In Book Of Extremes (Pp. 51–67). Springer. Google Scholar

Nitiswati, Sri, Nugroho, D. H., & Tjiptono, T. (2010). In Service Inspection To Assure The Safety And Long Term Operation Of Batan Research Reactors. Google Scholar

Nunally, J. C., Knott, P. D., Duchnowski, A., & Parker, R. (1967). Pupillary Response As A General Measure Of Activiation. Percept. Psychophys., 2, 149–155. Google Scholar

Rahardjo, Mudjia. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Prosedurnya. Google Scholar

Richards, Timothy J., & Padilla, Luis. (2009). Promotion And Fast Food Demand. American Journal Of Agricultural Economics, 91(1), 168–183. Google Scholar

Sekaran, Uma. (2006). Research Methods For Business: Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Buku 2. Google Scholar

Sinambow, Sandy, & Trang, Irvan. (2015). Pengaruh Harga, Lokasi, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Komputer Game Zone Mega Mall Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3). Google Scholar

Sugiyono, Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. Alfabeta Bandung. Google Scholar

Wu, Wei Biao. (2011). Asymptotic Theory For Stationary Processes. Statistics And Its Interface, 4(2), 207–226. Google Scholar

Zhao, Jian. (2016). Investigating How Restaurant Week’s Price Promotion Affects Diners’ Online Perceptions. Google Scholar
Published
2021-06-20