Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan dan Pengaruhnya terhadap Minat Beli Ulang Di Toko Bangunan Cangkiran Semarang
Abstract
Perkembangan geliat ekonomi di Negara Indonesia memiliki dampak terhadap kehidupan manusia, salah satunya pada dunia wirausaha pada era saat ini. Penelitian tersebut bertujuan guna menganalisa apa saja faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan serta terhadap minat beli ulang di Toko Bangunan Cangkiran Semarang. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian tersebut adalah data primer. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan jenis sensus. Pengukuran level yang digunakan adalah level interval. Pada penelitian tersebut diolah menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) menggunakan bantuan Software AMOS 22. Variabel hipotesis yang digunakan pada penelitian tersebut adalah pertama pengaruh persepsi promosi harga terhadap kualitas produk, kedua pengaruh persepsi promosi harga terhadap kualitas pelayanan, ketiga pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, keempat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, dan kelima pengaruh kepuasan pelanggan terhadap minat pembelian ulang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kelima hipotesis tersebut menunjukan hasil yang positif dan dapat diterima.
Downloads
References
Armstrong, Deanne, Shakespeare-Finch, Jane, & Shochet, Ian. (2016). Organizational Belongingness Mediates The Relationship Between Sources Of Stress And Posttrauma Outcomes In Firefighters. Psychological Trauma: Theory, Research, Practice, And Policy, 8(3), 343. Google Scholar
Augusty, Ferdinand. (2011). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, Dan Disertasi Ilmu Manajemen, Edisi 3. Agf Books, Fakultas Ekonomika Dan Bisnis. Google Scholar
Canny, Ivyanno U. (2013). The Role Of Food Quality, Service Quality, And Physical Environment On Customer Satisfaction And Future Behavioral Intentions In Casual Dining Restaurant. The 7th National Research Management Conference, Sriwijaya University-Palembang, Indonesia (27-28 November 2013). Google Scholar
Denniswara, Edo Praditya. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Intensi Membeli Ulang Produk My Ideas. Journal Of Business Management, 1(4). Google Scholar
Ghozali, Imam. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjar. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 3(1). Google Scholar
Gnoth, Juergen, Andreu, Luisa, Kozak, Metin, Campo, Sara, & Yagüe, MarÃa Jesús. (2009). Exploring Nonâ€Linear Effects Of Determinants On Tourists’ Satisfaction. International Journal Of Culture, Tourism And Hospitality Research. Google Scholar
Jana, Abhisek. (2014). Impacts Of The Attributes Of Service Quality On Customer Satisfaction And The Interrelationship Among Service Quality, Customer Satisfaction And Customer Loyalty. Johar, 9(2). Google Scholar
Lewis, Ted G. (2014). Booms. In Book Of Extremes (Pp. 51–67). Springer. Google Scholar
Nitiswati, Sri, Nugroho, D. H., & Tjiptono, T. (2010). In Service Inspection To Assure The Safety And Long Term Operation Of Batan Research Reactors. Google Scholar
Nunally, J. C., Knott, P. D., Duchnowski, A., & Parker, R. (1967). Pupillary Response As A General Measure Of Activiation. Percept. Psychophys., 2, 149–155. Google Scholar
Rahardjo, Mudjia. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Prosedurnya. Google Scholar
Richards, Timothy J., & Padilla, Luis. (2009). Promotion And Fast Food Demand. American Journal Of Agricultural Economics, 91(1), 168–183. Google Scholar
Sekaran, Uma. (2006). Research Methods For Business: Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Buku 2. Google Scholar
Sinambow, Sandy, & Trang, Irvan. (2015). Pengaruh Harga, Lokasi, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Komputer Game Zone Mega Mall Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3). Google Scholar
Sugiyono, Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. Alfabeta Bandung. Google Scholar
Wu, Wei Biao. (2011). Asymptotic Theory For Stationary Processes. Statistics And Its Interface, 4(2), 207–226. Google Scholar
Zhao, Jian. (2016). Investigating How Restaurant Week’s Price Promotion Affects Diners’ Online Perceptions. Google Scholar