SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU SMA COKROAMINOTO SUKARESMI DALAM MEMBUAT ADMINISTRASI PENELITIAN TINDAKAN KELAS MELALUI WORKSHOP
Abstract
Penelitian bertujuan untuk membuat administrasi penelitian tindakan kelas setelah dilaksanakan supervisi akademik melalui workshop. Penelitian ini bermetodekan penelitian tindakan sekolah, suatu penelitian dengan orientasi pembinaan bagi sekelompok guru di suatu sekolah, melalui beberapa siklus, mengunakan sistem spiral refleksi model Kemmis dan Mc Taggart yang dimodifikasi. Strategi/Metode Kerja/Teknik Pembinaan yang digunakan pada siklus 1 adalah studi dokumentasi, angket, Observasi-Refleksi-Rekomendasi, dan Focused Group Discussion, sedangkan pada siklus 2 adalah workshop, observasi-refleksi-rekomendasi, dan FGD. Penelitian ini menghasilkan peningkatan keterampilan pendidik dalam membuat RPP, membuat LKS/Soal, menyusun kuesioner responsiswa, membuat pedoman observasi keaktifan siswa, membuat daftar check, menyusun format observasi keaktifan siswa, menyusun tata aturan observasipelaksanaan model pembelajaran oleh guru dan siswa, serta membuat format diskusi balikan, menghasilkan kelonjakan dari Siklus I ke Siklus II. Siklus II mengakhiri pembinaan, dengan indikator aktivitas guru telah 80.00% keatas dan skor nilai guru minimal 80.00 sudah diatas 85%, yaitu 100.00%.