United Nation dan Sos Children's Villages Internasional Menjalin Kemitraan Global untuk Mengakhiri Kekerasan terhadap Anak-Anak Di Dunia

  • Alfarabi Alfarabi Universitas Muhammdiyah Yogyakarta (UMY) Yogyakarta, Indonesia
  • Ali Muhammad Universitas Muhammdiyah Yogyakarta (UMY) Yogyakarta, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami global partnership menggunakan pandangan Liberal Intstitusionalisme. United Nations (UN) dan SOS Children’s Villages International (SOS CVI) sabagai aktor yang terlibat berusaha untuk mengakhiri kekerasan terhadap anak-anak di dunia. UN dan SOS CVI menjalin kemtraan global ini bertujuan untuk memperluas jangkauan dampak dari program Sustainable Development Goals (SDGs) yang dijalankan sehingga tingkat kekerasan terhadap anak-anak bisa diakhiri. Metode penelitian kualitatif digunakan karena objek penelitian yang akan dikaji bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Hasil dari penelitian ini membantu para stakeholder ataupun INGO memahami dan menganalisa setiap potensi program yang mereka jalankan hingga bisa terus berkembang. Tentunya bisa memberikan hasil yang baik bagi masyarakat dan mendorong terciptanya sumber daya manusia yang mampu memudahkan terwujudnya tujuan dari pembangunan berkelanjutan (SDGs).  Oleh karena itu, perlindungan untuk anak-anak dari segala bentuk kekerasan adalah hak fundamental yang dijamin oleh Konvensi Hak Anak (UNCRC) dan perjanjian serta standar HAM internasional lainnya. Kesamaan  kepentingan (Mutual Interest) antara United Nations (UN) dan SOS Children’s Villages Internasional (SOS CVI), usaha advokasi dari SOS CVI untuk menumbuhkan awareness bagi masyarakat dunia malalui berbagai macam kampanye, serta penelitian-penelitian yang dilakukan oleh SOS CVI bertujuan  untuk menghilangkan rasa kecurigaan antar Negara. Maka hal ini yang mendorong United Nations (UN) menjadikan SOS Children’s Villages International (SOS CVI) sebagai kemitraan globalnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 19, 2021
How to Cite
ALFARABI, Alfarabi; MUHAMMAD, Ali. United Nation dan Sos Children's Villages Internasional Menjalin Kemitraan Global untuk Mengakhiri Kekerasan terhadap Anak-Anak Di Dunia. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 7, p. 3122-3142, july 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/3005>. Date accessed: 04 aug. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i7.3005.