Analisis Konservasi dan Efisiensi Energi pada Tower Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya Berdasarkan Sertifikasi Green Building Indonesia

  • Citra Indriyati Universitas Sriwijaya (UNSRI) Palembang, Sumatera, Indonesia
  • Arifin Daud Universitas Sriwijaya (UNSRI) Palembang, Sumatera, Indonesia
  • Reky Prima Universitas Sriwijaya (UNSRI) Palembang, Sumatera, Indonesia

Abstract

Pada saat ini krisis energi telah menjadi salah satu isu hangat seiring dengan berkembangnya kemajuan teknologi. Memasuki abad ke-20, kebutuhan energi menjadi semakin besar dalam berbagai aspek. Namun, kebutuhan akan energi yang semakin besar tidak diimbangi dengan persediaan energi yang memadai. Penyebab peningkatan kebutuhan energi adalah pertumbuhan penduduk serta modernisasi peradaban. Setiap hari, penggunaan peralatan listrik seperti air conditioner, komputer, lampu, lemari es, dispenser, televisi dan semua perangkat tersebut memerlukan energi untuk beroperasi sebagaimana dibutuhkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis konservasi energi pada Tower Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya berdasarkan sertifikasi Green Building Indonesia dan menganalisis efisiensi energi pada Tower Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya berdasarkan sertifikasi Green Building Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi literatur dengan teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data primer dan data sekunder. Hasil dari Penelitian ini menunjukkan bahwa Tower Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya mendapatkan 14 dari 36 poin dengan konservasi energi sebesar 38,8% penerapan yang telah dilakukan. Poin terbesar yang dihasilkan hanya terdapat pada satu kriteria yaitu efisiensi yang dioptimalkan membangun kinerja energi, sehingga dapat dikatakan bahwa Tower Fakultas Hukum belum menerapkan konservasi energi dengan baik karena persentase perolehan poin belum mencapai poin maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 20, 2021
How to Cite
INDRIYATI, Citra; DAUD, Arifin; PRIMA, Reky. Analisis Konservasi dan Efisiensi Energi pada Tower Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya Berdasarkan Sertifikasi Green Building Indonesia. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 6, p. 2661-2678, june 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/3100>. Date accessed: 03 aug. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i6.3100.