Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Mcdonald’s Cijantung

  • Inang Sriwanti Soge Garoda Universitas Gunadarma, Jakarta, Indonesia
Keywords: Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Lokasi, Kepuasa Konsumen

Abstract

Usaha kuliner saat ini kian meluas dan tidak terbatas hanya pada makanan tradisional saja. Kualitas pelayanan yang baik, harga yang terjangkau, promosi yang menarik dan lokasi yang strategis sangat penting dalam suatu pembangunan waralaba. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, harga, promosi dan lokasi terhadap kepuasan konsumen restoran McDonald’s Cijantung. Metode penelitian ini diperoleh dari kuesioner (primer). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kualitas pelayanan, harga, promosi dan lokasi secara serentak (simultan) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen restoran McDonald’s Cijantung. Uji Parsial (Uji t) diperoleh bahwa dimensi kualitas pelayanan dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dan dimensi harga dan promosi berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Hilman, & Juju, H. Undang. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survey Pada Pelanggan Bengkel Pt. Wijaya Toyota A. Yani Bandung). Perpustakaan Feb-Unpas Bandung. Google Scholar

Alma, H. Buchari. (2009). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta. Google Scholar

Amstrong, Gery, & Kotler, Philip. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Google Scholar

Baharudin, Baharudin, Maulana, Agus, & Aprilian, Yaswar. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cv Rajawali Graha Motor Tembilahan. Literacy: Jurnal Ilmiah Sosial, 2(1), 8–15. Google Scholar

Chandra, Gregorius. (2002). Strategi Dan Program Pemasaran. Yogyakarta: Andi. Google Scholar

Ghozali, Imam. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss (Edisi Keem). Semarang: Universitas Diponegoro. Google Scholar

Juwono, Onny. (2012). Analisis Manajemen Strategik Perusahaan Waralaba (Franchise) Studi Kasus Di Restoran Cepat Saji Mcdonald’s. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 1(1), 1- 21. Google Scholar

Kotler, Philip, & Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Erlangga. Google Scholar

Megawati, Ermayana, Utami, Sri Rejeki Laku, Hajar, Neli, & Hidayat, Adib Wahyu. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Terhadap Sentra Pengolahan Kerupuk Petis Ikan Dan Udang Di Kendal. Literacy: Jurnal Ilmiah Sosial, 2(2), 51–64. Google Scholar

Nurhalimah, Siti, Hasiholan, Leonardo Budi, & Harini, Cicik. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Bengkel Garasi Di Ungaran). Journal Of Management, 4(4). Google Scholar

Rachmawati, Rina. (2011). Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian Terhadap Bisnis Restoran). Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2). 143-150. Google Scholar

Siregar, Rifka, & Widyawati, Dini. (2016). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Penghindaran Pajak Pada Perusahaan Manufaktur Di Bei. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (Jira), 5(2), 1-7. Google Scholar

Taufan, Mohammad. (2019). Mcdonald’s Sebagai Aktor Pembentuk Fast Food Branding Ala Amerika Di Indonesia. Jember: 2019. Google Scholar

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta: Andi. Google Scholar

Wijaya, Vincentius Andhika. (2020). Analisis Kesalahan Tata Kelola Rupbasan. Literacy: Jurnal Ilmiah Sosial, 2(2), 88–100. Google Scholar
Published
2021-06-20