Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Mcdonald’s Cijantung
Abstract
Usaha kuliner saat ini kian meluas dan tidak terbatas hanya pada makanan tradisional saja. Kualitas pelayanan yang baik, harga yang terjangkau, promosi yang menarik dan lokasi yang strategis sangat penting dalam suatu pembangunan waralaba. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, harga, promosi dan lokasi terhadap kepuasan konsumen restoran McDonald’s Cijantung. Metode penelitian ini diperoleh dari kuesioner (primer). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kualitas pelayanan, harga, promosi dan lokasi secara serentak (simultan) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen restoran McDonald’s Cijantung. Uji Parsial (Uji t) diperoleh bahwa dimensi kualitas pelayanan dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dan dimensi harga dan promosi berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Downloads
References
Alma, H. Buchari. (2009). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta. Google Scholar
Amstrong, Gery, & Kotler, Philip. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Google Scholar
Baharudin, Baharudin, Maulana, Agus, & Aprilian, Yaswar. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cv Rajawali Graha Motor Tembilahan. Literacy: Jurnal Ilmiah Sosial, 2(1), 8–15. Google Scholar
Chandra, Gregorius. (2002). Strategi Dan Program Pemasaran. Yogyakarta: Andi. Google Scholar
Ghozali, Imam. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss (Edisi Keem). Semarang: Universitas Diponegoro. Google Scholar
Juwono, Onny. (2012). Analisis Manajemen Strategik Perusahaan Waralaba (Franchise) Studi Kasus Di Restoran Cepat Saji Mcdonald’s. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 1(1), 1- 21. Google Scholar
Kotler, Philip, & Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Erlangga. Google Scholar
Megawati, Ermayana, Utami, Sri Rejeki Laku, Hajar, Neli, & Hidayat, Adib Wahyu. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Terhadap Sentra Pengolahan Kerupuk Petis Ikan Dan Udang Di Kendal. Literacy: Jurnal Ilmiah Sosial, 2(2), 51–64. Google Scholar
Nurhalimah, Siti, Hasiholan, Leonardo Budi, & Harini, Cicik. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Bengkel Garasi Di Ungaran). Journal Of Management, 4(4). Google Scholar
Rachmawati, Rina. (2011). Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian Terhadap Bisnis Restoran). Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2). 143-150. Google Scholar
Siregar, Rifka, & Widyawati, Dini. (2016). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Penghindaran Pajak Pada Perusahaan Manufaktur Di Bei. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (Jira), 5(2), 1-7. Google Scholar
Taufan, Mohammad. (2019). Mcdonald’s Sebagai Aktor Pembentuk Fast Food Branding Ala Amerika Di Indonesia. Jember: 2019. Google Scholar
Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta: Andi. Google Scholar
Wijaya, Vincentius Andhika. (2020). Analisis Kesalahan Tata Kelola Rupbasan. Literacy: Jurnal Ilmiah Sosial, 2(2), 88–100. Google Scholar