Studi Proses Suksesi Perusahaan Keluarga Dari Perspektif Dua Pelaku Usaha Di Perusahaan X dan Perusahaan Y Kota Semarang

  • Kartika Isti Indirasandi Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Susilo Toto Raharjo Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

Abstract

Perusahaan keluarga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dunia dan dapat dianggap sebagai pemain utama dalam ekonomi global. Namun hanya sejumlah kecil diseluruh dunia, perusahaan keluarga yang bertahan hingga generasi kedua, dan yang bertahan sampai generasi ketiga jumlahnya jarang. Suksesi kemudian menjadi tantangan sendiri bagi perusahaan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang proses suksesi dari perspektif pelaku usaha Perusahaan X dan Perusahaan Y di Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif yang akan mengeksplorasi pengalaman individual dari para responden. Penelitian ini menggunakan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan member checking. Salah satu perusahaan dalam penelitian ini telah berhasil melakukan proses suksesi pada generasi kedua dan masih dalam proses dari generasi kedua ke generasi ketiga sedangkan yang lainnya masih dalam proses pada generasi kedua. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi incumbent, persiapan suksesi, dukungan keluarga, hubungan incumbent successor, dan lamanya proses suksesi berpengaruh terhadap keterampilan successor dan keberlanjutan dalam perusahaan keluarga. Sehingga disarankan untuk meningkatkan kesadaran dan motivasi dalam proses suksesi, incumbent harus berinisiatif dalam memperkenalkan dan mengajarkan perusahaan keluarga kepada successor sejak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 20, 2021
How to Cite
INDIRASANDI, Kartika Isti; RAHARJO, Susilo Toto. Studi Proses Suksesi Perusahaan Keluarga Dari Perspektif Dua Pelaku Usaha Di Perusahaan X dan Perusahaan Y Kota Semarang. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 6, p. 2858-2870, june 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/3158>. Date accessed: 03 aug. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i6.3158.