Studi Proses Suksesi Perusahaan Keluarga Dari Perspektif Dua Pelaku Usaha Di Perusahaan X dan Perusahaan Y Kota Semarang

  • Kartika Isti Indirasandi Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Susilo Toto Raharjo Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: perusahaan keluarga, perspektif pelaku usaha, proses suksesi

Abstract

Perusahaan keluarga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dunia dan dapat dianggap sebagai pemain utama dalam ekonomi global. Namun hanya sejumlah kecil diseluruh dunia, perusahaan keluarga yang bertahan hingga generasi kedua, dan yang bertahan sampai generasi ketiga jumlahnya jarang. Suksesi kemudian menjadi tantangan sendiri bagi perusahaan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang proses suksesi dari perspektif pelaku usaha Perusahaan X dan Perusahaan Y di Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif yang akan mengeksplorasi pengalaman individual dari para responden. Penelitian ini menggunakan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan member checking. Salah satu perusahaan dalam penelitian ini telah berhasil melakukan proses suksesi pada generasi kedua dan masih dalam proses dari generasi kedua ke generasi ketiga sedangkan yang lainnya masih dalam proses pada generasi kedua. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi incumbent, persiapan suksesi, dukungan keluarga, hubungan incumbent successor, dan lamanya proses suksesi berpengaruh terhadap keterampilan successor dan keberlanjutan dalam perusahaan keluarga. Sehingga disarankan untuk meningkatkan kesadaran dan motivasi dalam proses suksesi, incumbent harus berinisiatif dalam memperkenalkan dan mengajarkan perusahaan keluarga kepada successor sejak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barrett, Mary, & Moores, Ken. (2010). Spotlights And Shadows: Preliminary Findings About The Experiences Of Women In Family Business Leadership Roles. Journal Of Management & Organization, 15(3), 363–377. Google Scholar

Blombäck, Anna, & Craig, Justin. (2014). Marketing From A Family Business Perspective. The SAGE Handbook Of Family Business, 423–441. Google Scholar

Braun, Michael, Latham, Scott, & Porschitz, Emily. (2016). All Together Now: Strategy Mapping For Family Businesses. Journal Of Business Strategy, 37(1), 3-10. Doi:10.1108/JBS-12-2014-0154. Google Scholar

Cope, Diane G. (2014). Methods And Meanings: Credibility And Trustworthiness Of Qualitative Research. Oncology Nursing Forum, 41(1), 89–91. Google Scholar

Edy, David Octaviano. (2014). Tahapan Perencanaan Suksesi Pada Perusahaan Keluarga PT. XXX Di Surabaya. Agora, 2(2), 1029–1033. Google Scholar

Filser, Matthias, Kraus, Sascha, & Märk, Stefan. (2013). Psychological Aspects Of Succession In Family Business Management. Management Research Review, Emerald Group Publishing, 36(3), 256-277. Google Scholar

Giovannini, Marc, Botelberge, Thomas, Bories, Erwan, Pesenti, Christian, Caillol, Fabrice, Esterni, Benjamin, Monges, Geneviève, Arcidiacono, Paolo, Deprez, Pierre, & Yeung, Robert. (2009). Endoscopic Ultrasound Elastography For Evaluation Of Lymph Nodes And Pancreatic Masses: A Multicenter Study. World Journal Of Gastroenterology: WJG, 15(13), 1587. Google Scholar

Habbershon, Timothy G., & Williams, Mary L. (1999). A Resource-Based Framework For Assessing The Strategic Advantages Of Family Firms. Family Business Review, 12(1), 1–25. Google Scholar

Haryanto, Shinta. (2014). Analisis Proses Suksesi Pada Perusahaan Keluarga Berbudaya Tionghoa (Studi Kasus Pada PT X). Agora, 2(2), 984–989. Google Scholar

Hilb, Martin. (2011). Integrierte Corporate Governance (Vol. 4). Springer. Google Scholar

Kellermanns, Franz W., Eddleston, Kimberly A., Barnett, Tim, & Pearson, Allison. (2008). An Exploratory Study Of Family Member Characteristics And Involvement: Effects On Entrepreneurial Behavior In The Family Firm. Family Business Review, 21(1), 1–14. Google Scholar

Putri, Norma Nofita. (2014). Perkembangan Bisnis Martha Tilaar Dalam Dunia Kecantikan Di Indonesia Tahun 1970-1999. Avatara, 2(3), 555-566. Google Scholar

Stalk, George, & Foley, Henry. (2012). Avoiding The Traps That Can Destroy Family Businesses. Harvard Business Review, 90(1/2), 25–27. Google Scholar

Steier, Lloyd P., & Miller, Danny. (2010). Pre-And Post-Succession Governance Philosophies In Entrepreneurial Family Firms. Journal Of Family Business Strategy, 1(3), 145–154. Google Scholar

Yin, Robert K. (2011). Applications Of Case Study Research. Sage. Google Scholar
Published
2021-06-20