PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMILIH JASA CUCI STEAM “MAJU ABADI CUCI STEAM” DESA LEMAHPUTIH KECAMATAN LEMAHSUGIH KABUPATEN MAJALENGKA

  • Mega Ayu Nurhayati
Keywords: promosi, keputusan komsumen

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh promosi terhadap keputusan konsumen memilih jasa cuci steam Maju Abadi Steam. Pada penelitian ini, digunakan dua jenis analisis yaitu analisis deskriptif khususnya bagi variabel yang bersifat kualitatif dan analisis kuantitatif berupa pengujian hipotesis dengan menggunakan uji statistik. Analisis deskriptif digunakan untuk melihat faktor penyebab, sedangkan analisis kuantitatif menitikberatkan dalam pengungkapan perilaku variabel penelitian. Dari perhitungan koefisien regresi, diperoleh kesimpulan model regresi sebagai berikut: Y = 6,117 + 0,3401X. Nilai konstanta a memiliki arti bahwa ketika X bernilai 0 maka Y bernilai 6,117. Sedangkan koefisien regresi b memiliki arti bahwa pada promosi (X) yang bersifat positif, maka keputusan konsumen (Y) akan meningkat sebesar 0,3401. Hasil perhitungan koefisien korelasi secara manual menghasilkan nilai yaitu sebesar 0,6259. Berdasarkan pedoman penafsiran nilai koefisien korelasi menurut Sugiyono (2010:231), nilai koefisien korelasi sebesar 0,6259 menunjukkan hubungan yang kuat antara promosi dengan keputusa konsumen pada Maju Abadi Cuci Steam Desa Lemahputih Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majalengka. Artinya peningkatan nilai promosi diiringi pula oleh peningkatan nilai keputusan konsumen pada Maju Abadi Cuci Steam Desa Lemahputih Kecamatan Lemahsugih Kabupaten  Majalengka. Kriteria pengujian hipotesis ini adalah “tolak Ho jika thitung > ttabel”. Karena nilai thitung (6,950) lebih besar dari nilai ttabel (1,6654) maka pada tingkat kekeliruan 5% H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan tingkat kepercayaan 95% terdapat pengaruh yang bermakna antara promosi terhadap keputusan konsumen Maju Abadi Cuci Steam Desa Lemahputih Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majalengka.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-28