IMPLEMENTASI STRATEGI CAN DO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIDATO MAHASISWA PBSI UNIVERSITAS MUHADI SETIABUDI BREBESNurchalistiani Budiana

  • Nurchalistiani Budiana
Keywords: strategi pembelajaran, strategi can do, berpidato

Abstract

Artikel ini berkaitan dengan kemampuan berbicara khusus pada kemampuan berpidato mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) Brebes. Rumusan masalah dalam penelitian adalah adakah perbedaan keefektifan penggunaan strategi Can Do dan strategi konvensional dalam pembelajaran berpidato. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan keefektifan dalam penggunaan pendekatan proses dan pendekatan genre terhadap kegiatan pembelajaran berpidato strategi Can Do pada mahasiswa PBSI Semester 5 UMUS Brebes 2017. Desain ekperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah rendomized pre-tes-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel acak berlapis. Metode pengambilan data yang digunakan adalah tes kemampuan berbicara. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap penggunaan strategi Can Do dan strategi konvensional dalam pembelajaran berpidato.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-28