M, Pengaruh PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 6 SDN LIMBANGAN

  • Muhammad Muslih

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) Menemukan seberapa besar pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa; 2) Menemukan seberapa besar pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa; 3) Menemukan seberapa besar pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif deskriptif yang disertai dengan pengujian hipotesis dengan analisis statistik. Populasi seluruh siswa kelas 6 yang berjumlah 30 siswa. Metode dalam penelitian ini adalah angket untuk lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah sedangkan prestasi belajar diambil dari hasil ujian sekolah. Hasil penelitian: 1) Pengaruh antara lingkungan keluarga (X1) dengan prestasi belejar (Y) mencapai angka 0,122 jika dikonsultasikan dengan tabel korelasi product moment menunjukan adanya pengaruh antara X1 dan Y dengan dengan derajat signifikasi 0,527 walaupun pengaruh tersebut sangat rendah. 2) pengruh antara lingkungan sekolah (X2) dan prestasi belajar (Y) mencapai angka 0,21  jika dikonsultasikan dengan tabel korelasi product moment menunjukan adanya pengaruh antara X2 dan Y dengan derajat signifikasi 0,634 sehingga pengaruh antara X2 dan Y rendah. 3) pengaruh antara lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah dengan prestasi belajar siswa mencapai angka 0,025, jika dikonsultasikan dengan tabel korelasi product moment menunjukan adanya pengaruh X1 dan X2 dengan Y dengan nilai statistik F 0,349 walaupun pengaruhnya sangat rendah 92,5%).

                                                         

Kata Kunci : Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar Siswa

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-12-28