KEMAMPUAN BIOSTATISTIK MELALUI PENDEKATAN INVESTIGASI PADA MATERI REGRESI SEDERHANA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan biostatistik mahasiswa secara signifikan pada pembelajaran regresi sederhana melalui pendekatan investigasi. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen, terdiri dari kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran biostatistik melalui pendekatan investigasi dan kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran biostatistik seperti biasa yaitu ceramah dan contoh soal pada materi regresi sederhana. Penelitian dilakukan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon pada mahasiswa D3 keperawatan tingkat 1 semester 2 tahun ajaran 2016 – 2017 yang berjumlah 54 mahasiswa, dengan rincian kelas eksperimen 27 mahasiswa dan kelas kontrol 27 mahasiswa. Metode Analisis pada penelitian ini dengan menggunakan pre-test, post-test, dan gain ternormalisasi terhadap kedua kelas sampel penelitian. Berdasarkan hasil uji asumsi statistik data penelitian, kedua data berdistribusi normal dan bervariansi homogen, maka uji hipotesis statistik yang dilakukan yaitu uji T. Dari hasil pengujian tersebut dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada pencapaian peningkatan kemampuan biostatistik kelas kontrol dan kelas eksperimen. Peningkatan kemampuan biostatistik kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dari pada kelas kontrol.
Kata Kunci: Biostatistik, Pendekatan Investigasi, Regresi Sederhana