Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Bumdes Dile dalam Pengelolahan Unit-Unit Usaha

  • Fidentus Didakus Darma Saputra Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat (STPM) Santa Ursula Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Abstract

Tidak berjalannya unit usaha BUMDes tentunya sangat dipenagruhi oleh bermacam-macam faktor. Baik secara internal maupun eksternal. Faktor-faktor pengahambat itulah yang membuat BUMDes Dile mengalami kemacetan selama beberapa tahun terakhir semenjak dibentuk tahun 2016. Unit usaha yang masih eksis hanyalah unit usaha sewa tenda dan kursi. Sedangkan kedua unit usaha lain mengalami kendala. Peneliti sangat menfukuskan perhatian kepada faktor – faktor yang mempengaruhi kinerja BUMDes Dile. Penulis melakukan kajian deskriptif  kualitatif untuk menggambarkan Kinerja Bumdes Dile Dalam Implementasi Program Unit Usaha. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pemilihan subyek adalah teknik  purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, Teknik analisis data yang digunakan penulis adalah dilakukan secara interaktif terdiri dari reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan conclusion Drawing/Verification. BUMDes Dile tidak berjalan dikarenakan beberapa faktor, yaitu kapasitas sumber daya manusia yang tidak maksimal dalam mengelola dikarenakan masih terdapat persoalan internal yang belum selesai. Persoalan internal itu adalah SK pengurus yang belum dibuat, sehingga pengurus kehilangan legitimasi dari masyarakat. Pelaporan pelaksanaan program yang tidak di buat dari tahun 2018 sampai sekarang. Dan pelaksanaan peningkatan keterampilan pengurus melalui DIKLAT yang tidak efektif dan efisien. Semua temuan ini kemudian mempengaruhi kinerja BUMDes Dile yan mengalami penurunan kualitas dari tahun ke tahun.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 19, 2021
How to Cite
DARMA SAPUTRA, Fidentus Didakus. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Bumdes Dile dalam Pengelolahan Unit-Unit Usaha. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 7, p. 3199-3214, july 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/3501>. Date accessed: 04 aug. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i7.3501.