Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Menggunakan Powtoon

  • Sofi Maulidah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) Serang Banten, Indonesia
  • Lukman Nulhakim Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) Serang Banten, Indonesia
  • Nana Hendracipta Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) Serang Banten, Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan dan kelayakan media pembelajaran berbasis audio visual menggunakan powtoon dan respon peserta didik setelah belajar menggunakan media pembelajaran berbasis audio visual dengan menggunakan powtoon. Penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) untuk menguji kelayakan dari produk tersebut, dilakukan uji validasi. Validasi ahli dilakukan oleh ahli materi dan ahli media dengan subyek penelitian 20 pesesrta didik kelas III SD Negeri Serang 21. Berdasarkan hasil penelitian bahwa media pembelajaran berbasis audio visual dengan menggunakan powtoon dinyatakan “sangat layak” oleh dua ahli media dengan rata-rata persentase 83% dan dinyatakan “sangat layak” oleh dua ahli materi dengan rata-rata persentase 87%. Respon yang diberikan peserta didik mendapatkan persentase 96,25% yang termasuk “sangat baik”. Dari penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembalajaran berbasis audio visual dengan menggunakan powtoon sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 19, 2021
How to Cite
MAULIDAH, Sofi; NULHAKIM, Lukman; HENDRACIPTA, Nana. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Menggunakan Powtoon. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 7, p. 3564-3573, july 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/3509>. Date accessed: 04 aug. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i7.3509.