TES GAYA BELAJAR MAHASISWA UNTUK MENENTUKAN STATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP MAHASISWA PENDIDIKAN GURU ANAK USIA DINI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran yang efektif diterapkan di kelas karyawan Pendidikan Guru Anak Usia Dini. Setiap individu memiliki pola belajarnya masing masing sehingga untuk mendapatkan pemahaman yang optimal perlu memahami mayoritas pola belajar mahasiswa tersebut sehingga materi yang diberikan di kelas bisa disampaikan secara optimal. Bertolak dari kerangka pemikiran bahwa keluhan beberapa mahasiswa kelas karyawan Pendidikan Guru Anak Usia Dini yang mengalami kesulitan memahami materi perkuliahan yang berakibat pada nilai UAS yang kurang memuaskan maka perlu pendekatan khusus memahami karakter mahasiswa kelas karyawan yang mayoritas usia 30 tahun ke atas dimana diperlukan strategi khusus dalam penyampaian materi sehingga materi yang diberikan bisa di serap secara optimal. Menggunakan metode kualitatif. Data diperoleh melalui tes gaya belajar pada seluruh mahasiswa kelas karyawan Pendidikan Guru Anak Usia Dini. observasi mendalam dan studi dokumentasi sehingga menghasilkkan penjelasan bahwa mayoritas mahasiswa kelas karyawan memiliki gaya belajar kinestetis dimana Tipe kinestetik merupakan tipe yang dalam penerimaan informasi cenderung lebih banyak dan paling efektif yang melibatkan aktifitas fisik dan gerakan tubuh. Lirikannya selalu kebawah bila sedang berbicara dan cenderung berbicara lebih lambat. Tipe ini mempunyai gaya belajar melalui aktifitas gerakan tubuh. Dengan gaya belajar yang melibatkan gertakan tubuh tipe ini sulit jika duduk berjam-jam, karena keinginannya untuk beraktifitas yang sangat kuat. Tipe yang bergaya belajar ini belajarnya melalui gerak dan sentuhan.maka strategi Pembelajaran yang cocok pada kelas ini adalah gunakanlah gerakan dalam pelajaran, seperti aktivitas atau uji coba secara langsung, Perbanyak praktik yang berkaitan dengan pelajaran (praktik di laboratorium) dan langsung bisa diaplikasikan, Hindari belajar yang monoton (terlalu banyak duduk), Saat mengingat sesuatu, lakukan hal yang diingat dengan aktivitas gerak, Menulis di udara, dan gunakan gerak imajitif.
Kata Kunci : Tes Gaya Belajar, Mahasiswa Kelas karyawan, Guru Paud