Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Efisien Wajib Pajak Orang Pribadi pada Penggunaan E-Filing

  • Gede Mahaputra Chrisandita Universitas Udayana (UNUD) Bali, Indonesia
  • I Made Sukartha Universitas Udayana (UNUD) Bali, Indonesia

Abstract

Perkembangan dalam bidang teknologi dan informasi terjadi dengan cepat di era globalisasi sekarang dengan adanya perkembangan ini, beberapa bidang di Indonesia mengalami kemajuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan, dan persepsi efisien wajib pajak orang pribadi pada penggunaan e-filing. Belum semua wajib pajak menggunakan e-filing dikarenakan banyak wajib pajak yang belum paham serta masih minimnya kemampuan wajib pajak tentang pengoperasian e-filing. Penelitian berlokasi di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Denpasar Timur, teknik penentuan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling yaitu incidental sampling. Jumlah sampel adalah 100 responden. Metode penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai pengumpulan data dan analisis regresi linear berganda digunakan sebagai teknik analisis. Berdasarkan hasil uji variabel menunjukkan bahwa persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan, dan persepsi efisien berpengaruh positif pada penggunaan e-filing, artinya semakin wajib pajak orang pribadi mempersepsikan e­-filing dapat meningkatkan manfaat, peningkatan kemudahan, dan peningkatan efisiensi maka penggunaan e-filing oleh wajib pajak orang pribadi akan meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 19, 2021
How to Cite
CHRISANDITA, Gede Mahaputra; SUKARTHA, I Made. Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Efisien Wajib Pajak Orang Pribadi pada Penggunaan E-Filing. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 7, p. 3215-3228, july 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/3520>. Date accessed: 04 aug. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i7.3520.