Studi Empiris Kepuasan Pelanggan E-Commerce Secara Global

  • Rizky Pratama Ananda Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang Jawa Tengah, Indonesia
  • Ahyar Yuniawan Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: e-commerce, online, kepuasan pelanggan, percaya

Abstract

Perdagangan Elektronik atau biasa disebut e-commerce adalah media jual beli barang dan jasa melalui sistem online. Kemajuan teknologi dan informasi saat ini menyebabkan bisnis e-commerce saat ini berkembang sangat pesat di seluruh dunia. Namun perbedaan budaya di setiap negara dapat menyebabkan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan dengan penggunaan sistem e-commerce bervariasi di setiap negara. Berdasarkan hal itu, penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor-faktor yang paling mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan terhadap penggunaan sistem e-commerce secara global. Penelitian ini menggunakan metode meta-analisis yang dilakukan dengan mengumpulkan beberapa hasil studi sebelumnya mengenai kepuasan pelanggan terhadap penggunaan sistem e-commerce di berbagai negara. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah kepercayaan adalah faktor yang paling mempengaruhi kepuasan pelanggan dalam penggunaan sistem e-commerce secara global.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-19