Studi Empiris Kepuasan Pelanggan E-Commerce Secara Global

  • Rizky Pratama Ananda Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang Jawa Tengah, Indonesia
  • Ahyar Yuniawan Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang Jawa Tengah, Indonesia

Abstract

Perdagangan Elektronik atau biasa disebut e-commerce adalah media jual beli barang dan jasa melalui sistem online. Kemajuan teknologi dan informasi saat ini menyebabkan bisnis e-commerce saat ini berkembang sangat pesat di seluruh dunia. Namun perbedaan budaya di setiap negara dapat menyebabkan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan dengan penggunaan sistem e-commerce bervariasi di setiap negara. Berdasarkan hal itu, penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor-faktor yang paling mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan terhadap penggunaan sistem e-commerce secara global. Penelitian ini menggunakan metode meta-analisis yang dilakukan dengan mengumpulkan beberapa hasil studi sebelumnya mengenai kepuasan pelanggan terhadap penggunaan sistem e-commerce di berbagai negara. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah kepercayaan adalah faktor yang paling mempengaruhi kepuasan pelanggan dalam penggunaan sistem e-commerce secara global.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 19, 2021
How to Cite
ANANDA, Rizky Pratama; YUNIAWAN, Ahyar. Studi Empiris Kepuasan Pelanggan E-Commerce Secara Global. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 7, p. 3499-3510, july 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/3541>. Date accessed: 04 aug. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i7.3541.