Relasi Perusahaan dan Masyarakat dalam Penerapan CSR Di Desa Kambunong Kabupaten Mamuju Tengah

  • Putri Yuni Kartika Universitas Hassanudin Makassar Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Andi Yakub Universitas Hassanudin Makassar Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Gustiana A Kambo Universitas Hassanudin Makassar Sulawesi Selatan, Indonesia
Keywords: Relasi, CSR, PT. Primanusa Global Lestari, Masyarakat

Abstract

Penelitian ini menganalisis relasi antara perusahaaan dan masyarakat. Melihat sebagian besar penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) hanya dilatarbelakangi oleh upaya meredam konflik. Padahal Corporate Social Responsibility (CSR) bukan lagi sekedar praktik bisnis semata, pelaksanaanya telah diatur dalam UU dengan harapan pengembangan dan pembangunan berkelanjutan. Oleh karena itu dalam penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan wajib membina relasi yang baik khususnya masyarakat setempat demi keberhasilan penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dimana cara kerjanya menekankan pada aspek pendalaman data demi mendapatkan kualitas dari hasil suatu penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa relasi antara PT. Primanusa Global Lestari dengan masyaraat belum terjadi komunikasi dua arah, yang dimana perusahaan tersebut belum cukup menyadari akan pentingnya program Corporate Social Responsibility (CSR) yang berjangka panjang hal itu terlihat dari beberapa bidang program Corporate Social Responsibility (CSR,) yang telah diterapkan (bidang sosial, lingkungan, keangamaan, dan lain-lain sebagainya). Seharusnya perusahaan tidak lagi berperan sebagai sinterklass yang mungkin saja bisa melahirkan kebergantungan pada dana bantuan, melainkan perusahaan sebaiknya lebih memikirkan dan menjalankan program berjangka panjang melihat pemahaman masyarakat terkait masalah Corporate Social Responsibility (CSR) masih sangat beragam, diantaranya yaitu aliansi pemuda yang menyampaikan aspirasinya dengan cara demontrasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anshori, Abdul Ghofur, & Harahab, Yulkarnain. (2008). Hukum Islam: dinamika dan perkembangannya di Indonesia. Yogyakarta: Total Media.

Anwar adnan Saleh. (2010). “Produksi Sawit Sulawesi Barat Terbesar di Kawasan Indonesia Timur.” Retrieved from http://regional.kompas.com/read/2010/04/08/12495516/

Cresswell, J. W. (2017). Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (Edisi Ketiga). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

K. Bartens. (2000). Pengantar Etika Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Kansius.

Khadijah, U. L. .. (2011). Komunikasi Pembangunan (Sebuah Studi Relasi Sosial pada Masyarakat dan Industri). Bandung: Unpad Press.

Koentjaraningrat. (1990). Beberapa pokok antropologi sosial. Dian Rakyat.

Nova, Firzan. (2014). Crisis Public Relation. Jakarta: Kompas Gramedia.

Rangga Loleh, Hady. (2016). Relasi Negara, Bisnis, dan Masyarakat (Implementasi Program Terpadu Pengembangan Masyarakat PT. Vale Indonesian TBK di Desa Malili Kabupaten Luwu Timur). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Siwi, Mahmudi. (2017). Kontestasi pengetahuan negara, swasta dan masyarakat dalam pengelolaan program Corporate Social Responsibility. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 1(1), 115–128.

Wibisono, Yusuf. (2007). Membedah konsep & aplikasi CSR: corporate social responsibility. Fascho Pub.

Widhagdha, Miftah Faridl. (2019). Relasi Bonding Dalam Masyarakat Binaan CSR (Studi Deskriptif Interpretif Relasi Sosial Masyarakat Binaan CSR PT Pertamina RU II Sungai Pakning di Kabupaten Bengkalis). Profetik: Jurnal Komunikasi, 12(1), 108–116.
Published
2021-08-18