Analisis Antrian Menggunakan Metode Single Channel Single Phase pada Klinik Adinda

  • Silvia Indah Lestari Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) Jawa Barat, Indonesia
  • Agustian Suseno Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) Jawa Barat, Indonesia
Keywords: klinik, antrian, pelayanan

Abstract

Antrian akan terjadi bila kebutuhan akan pelayanan melebihi kapasitas fasilitas pelayanan yang tersedia sehingga pelanggan harus menunggu dengan waktu yang lebih lama guna mendapat layanan. Tujuan dari penelitian ini adalah agar mengetahui dan menganalisa tingkat pelayanan yang terjadi di Klinik Adinda yang bertempat dibekasi. Data yang digunakan berupa data primer yang diperoleh melalui pengamatan secara langsung yang dilakukan pada tanggal 10 mei 2021 samapi 17 mei 2021 dimulai dari pukul 09.00 – 10.00 pagi. Metode yang digunakan pada penelitian kali ini menggunakan metode Single Channel Single Phase yang menunjukkan bahwa jumlah kedatangan dari pasien yang diharapkan melebihi kapasitas yang dapat dilayani dan berdasarkan hasil yang didapatkan pada penelitian yang diperoleh bahwa karakteristik antrian yang terjadi pada Klinik Adinda yang dengan satu tahap pelayanan yaitu di bagian administrasi menunjukkan bahwa rata-rata antrian dalam sistem sebesar ± 1 orang, rata-rata dalam antrian sebesar ± 4 orang, rata-rata waktu menunggu dalam sistem sebesar ± 8 menit, rata-rata waktu menunggu dalam antrian sebesar ± 26 menit, tingkat kesibukan server sebesar ± 3%, 6) Tingkat pengangguran server sebesar ± 97%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih tingginya tingkat pengangguran server yang mengakibatkan terjadinya antrian didalam sistem Klinik Adinda ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-19