PENGARUH METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMA
Abstract
Pembelajaran matematika ditingkat SMP dan SMA harus lebih banyak berorientasi pada bagaimana cara mengembangkan kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan penelaran-penalaran matematika dan tidak banyak menekankan pada aturan-aturan tertentu, supaya matematika lebih banyak dalam kehidupan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengenai pengaruh metode Contextual Teaching and learning (CTL) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menurut desainnya adalah penelitian quasi eksperimen yang dilakukan di SMA Tangerang. Kesimpulan pembahasan penelitian ini mendapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan motode contextual teaching and learning (CTL) dan model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: CTL (Contetual Teaching and Learning), kemampuan penalaran matematis