OPTIMALISASI KREATIVITAS ANAK MELALUI AKTIVITAS MONTASE PADA USIA TAMAN KANAK-KANAK
Abstract
Penelitian memiliki maksud untuk mengoptimalkan kreativitas anak dengan aktivitas montase di Kota Tangerang. Waktu yang ditempuh dalam penelitian ini adalah mulai pada bulan April dan Mei 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan action research melalui tiga siklus. Sampel yang diambil sebanyak 10 anak berasal dari TK Ar Rahman dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel yang diambil untuk mewakili populasi menggunakan teknik sampling jenuh dan sampel yang diambil adalah anak usia 5-7 tahun yang dipilih secara keseluruhn sebanyak 10 anak sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini, peneliti memilih dengan teknik analisis data kuantitatif serta data kualitatif. Uji keabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian pada kondisi awal, kreativitas anak belum optimal, kemudian pemberian tindakan pada siklus I dengan presentase sebesar 20%. Tindakan siklus II diberikan, lalu hasilnya mengalami peningkatan sehingga menjadi 50%. Kembali tindakan dilakukan sehingga mengalami peningkatan kembali menjadi 80%. Dengan demikian kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat perkembangan yang sangat berbeda dari kreativitas melalui aktivitas montase anak usia 5-7 Tahun. Implikasi dari penelitian ini adalah pada kemampuan guru untuk menstimulasi aktivitas yang dapat memberikan kebebasan anak dalam mengeksplorasi dalam menyelesaikan aktivitasnya. Dalam hal ini pendidik dapat memberikan kesempatan anak untuk menyampaikan produk pada guru dan teman-temannya. Kemudian dalam hal ini pendidik juga dilatih untuk menyusun atau memodifikasi aktivitas yang dapat dilakukan anak dalam meningkatkan kreativitas anak.
Kata Kunci: Kreativitas, Aktivitas Montase, Anak Usia Dini