PERBANDINGAN METODE QUANTUM LEARNING DAN METODE QUANTUM TEACH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan metode Quantum Learning dan metode Quantum Teaching terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Salembaran III. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment, sampel diambil secara sampling acak, dengan jumlah sampel sebanyak 88 siswa, 45 siswa untuk kelas eksperimen pertama dan 43 siswa untuk kelas eksperimen kedua. Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent comparison group design. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes hasil belajar. Hasil belajar kelompok eksperimen pertama (rata-ratanya 70,292, dan simpangan baku 9,672) lebih tinggi daripada kelompok eksperimen kedua (rata-ratanya 63,352, dan simpangan baku 12,470) dan setelah dilakukan uji “t” diperoleh nilai thitung sebesar3,071 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 sebesar 1,988 atau thit > ttab. Maka dapat disimpulkan menolak HO dan H1 diterima yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang diberikan metode Quantum Learning dengan siswa yang diberikan metode Quantum Teaching.Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Quantum Teaching memberikan pengaruh yang signifikan dibandingkan dengan metode Quantum Learning terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Salembaran III.
Kata Kunci: Quantum Learning, Quantum Teaching, Hasil Belajar, IPA.