Analisis Perbandingan Persepsi Pelanggan Terhadap Bauran Pemasaran Kopi Janji Jiwa Dan Kopi Kenangan
Abstract
Banyaknya kedai kopi di Kota Bandung membuat persaingan antar Kedai Kopi semakin ketat. Karena itu, penerapan bauran pemasaran yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap minat pelanggan dalam memilih Kedai Kopi. Kopi Janji Jiwa Braga merupakan salah satu kedai kopi terlaris di Kota Bandung. Namun seiring didirikannya Kopi kenangan Braga, Kopi Janji Jiwa Braga memiliki pesaing langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan persepsi pelanggan terhadap bauran pemasaran di Kopi Janji Jiwa Braga dan Kopi Kenangan Braga. Bauran pemasaran yang diteliti meliputi 7 elemen dan 29 indikator bauran pemasaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah pelanggan yang pernah mengunjungi Kopi Janji Jiwa Braga dan Kopi Kenangan Braga. Sampel yang digunakan sebanyak 122 orang. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif dan uji beda Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pelanggan terhadap bauran pemasaran Kopi Janji Jiwa Braga dan Kopi Kenangan Braga adalah positif. Persepsi pelanggan terhadap 7 elemen bauran pemasaran Kopi janji Jiwa Braga dan Kopi Kenangan Braga adalah positif. Persepsi pelanggan terhadap 29 indikator bauran pemasaran Kopi Janji Jiwa Braga dan Kopi Kenangan Braga adalah setuju kecuali indikator keunikan dan pencahayaan Kopi Kenangan Braga yang hasilnya cukup setuju. Dari 29 indikator persepsi pelanggan terhadap bauran pemasaran Kopi Janji Jiwa Braga dan Kopi Kenangan Braga, 12 indikator tidak berbeda sedangkan 17 indikator berbeda.
Downloads
Copyright (c) 2021 Ivan Christian, Jesslyn Kartawidjaja
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.