Analisis Determinan Country of Origin terhadap Product Evaluation dan Purchase Intention pada Produk Smartphone Di Indonesia

  • Mutiara Mutiara Magister Ilmu Administasi dan Kebijakan Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Indonesia
  • Effy Zalfiana Rusfian Magister Ilmu Administasi dan Kebijakan Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Indonesia

Abstract

Fenomena negara asal produk menjadi masalah yang penting saat ini, hal ini mengarah pada era baru persaingan, peluang pertumbuhan dan rantai pasok yang semakin kompleks. Adanya perbedaan persepsi konsumen terhadap merek smartphone yang diproduksi oleh perusahaan di suatu negara merupakan fenomena yang terjadi saat ini. Dimana persaingan produk sejenis sangat ketat dengan mutu dan harga produk yang perbedaannya tidak cukup signifikan sehingga mendorong produsen smartphone untuk memanfaatkan informasi tentang negara asal sebagai diferensiasi dari produknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh Country of Manufacturing yang dimediasi oleh Country of Design terhadap Evaluasi Produk dan Minat Beli pada produk smartphone Apple. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang datanya bersumber dari isian kuesioner 171 pengguna smartphone Apple dengan pendekatan Explanative Research. Model analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan PLS. Penelitian ini menemukan bahwa Country of Design Information secara signifikan mampu memediasi Country of Manufacturing Information terhadap Evaluasi Produk dan Minat Beli pada Produk Smartphone Apple.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 18, 2021
How to Cite
MUTIARA, Mutiara; RUSFIAN, Effy Zalfiana. Analisis Determinan Country of Origin terhadap Product Evaluation dan Purchase Intention pada Produk Smartphone Di Indonesia. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 8, p. 3952-3965, aug. 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/3744>. Date accessed: 27 sep. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i8.3744.