Analisis Strategi Inovasi Di Central Department Store dengan Model Bisnis Shop In Shop F&B

  • Yogi Bintang Pradesya Universitas Bakrie Jakarta, Indonesia
  • M Taufiq Amir Universitas Bakrie Jakarta, Indonesia
Keywords: ritel, Department Store, bisnis model Kanvas, SWOT

Abstract

Central Department Store (PT. CRI) harus tetap mempertahankan eksistensi nya ditengah disrupsi ekonomi digital dan tekanan lainnya. Untuk itu PT. CRI perlu melakukan analisis model bisnis yang tepat dan efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan upaya perusahaan melakukan inovasi model bisnis Shop in-Shop khusus F&B dan efektifitasnya bagi perusahaan dengan menggunakan analisis model Kanvas (BMC) dan metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pada pemetaan model bisnis Kanvas, diperoleh 9 elemen dan dilakukan Analisis SWOT. Kemudian dipilih tiga elemen yang dianggap sebagai elemen prioritas. Ketiga elemen tersebut adalah Sumber Pendapatan Usaha, Mitra Usaha Kunci, dan Sumber Daya Kunci. Ketiga elemen tersebut dilakukan analisis lingkungan internal dan eksternalnya dan diperoleh matriks IE untuk elemen Aliran pendapatan usaha dan Mitra Usaha Kunci berada pada kuadran V pertahankan dan pelihara. Untuk elemen Sumber Daya Kunci berada pada kuadran IV tumbuh dan bina. Ketiga elemen tersebut dibuatkan Matriks SWOT dan diperoleh beberapa alternatif solusi. Dari semua alternatif solusi yang sudah diperoleh kemudian diterapkan kerangka kerja empat langkah yaitu: eliminasi, kurangi, tingkatkan dan ciptakan. Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi yaitu melanjutkan model bisnis Shop-in Shop F&B dengan catatan: hanya F&B yang memberikan nilai tambah untuk PT.CRI dan hanya ditempatkan di lokasi yang kurang produktif untuk penjualan ritel.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ATKearney. (2019). Unleashing Indonesia’s Digital Potential. A.T. Kearney, Inc, (A.T. Kearney, Inc), 1–11. Retrieved from www.atkearney.com

Da-Sol, Kim. (2018). Lotte Shopping to invest W3tr for e-commerce under omni-channel. Retrieved June 6, 2020, from Korean Herald.com website: http://www.koreaherald.com/view.php?ud=20180515000703

David, Fred R. (2009). Manajemen Strategis Konsep. Jakarta: Salemba Empat.

Deslandes, Marion. (2017). US department stores forced to rethink business model - News distribution (#840532). Retrieved April 25, 2020, from Fashion Network website: https://uk.fashionnetwork.com/news/Us-department-stores-forced-to-rethink-business-model,840532.html

Evans, Susan. (2019). Transitioning Business for a Circular Economy. Conference Proceedings of the Academy for Design Innovation Management, 2(1). https://doi.org/10.33114/adim.2019.c05.137

Moleong, Lexy J. (2014). Metode penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2017.

Novianto, Efri. (2019). Manajemen Strategis. Deepublish.

Osterwalder, Alexander, & Pigneur, Yves. (2010). Business model generation: a handbook for visionaries, game changers, and challengers (Vol. 1). John Wiley & Sons.

Poerwandari, E. Kristi. (2005). Pendekatan Kualitatif Untuk Perilaku Manusia. Jakarta: Mugi Eka Lestari.

Rahayu, eva martha. (2018). Matahari Dept. Store Gaet Manhattan Associates untuk Operasional Omnichannel. Retrieved June 6, 2020, from https://swa.co.id/swa/trends/matahari-dept-store-gaet-manhattan-associates-untuk-operasional-omnichannel

Rangkuti, Freddy. (2013). SWOT–Balanced Scorecard. Gramedia Pustaka Utama.

Soselisa, Jack Absalom, Raharja, Sapta, & Suharjo, Budi. (2017). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Supermarket XYZ dengan Pendekatan Model Bisnis Kanvas. Manajemen IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 12(2), 194–204.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Weinswig, Deborah. (2017). Alibaba’s New Retail Integrates E-Commerce, Stores, & Logistics: Is This The Next Gen Of Retail?

Yahsyi, Asfahan, & Lavinda. (2019). Deretan Ritel yang Tutup Lapak Sepanjang 2017-. Retrieved June 14, 2020, from Cnn website: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20190115142736-95-360953/deretan-ritel-yang-tutup-lapak-sepanjang-2017-2019
Published
2021-08-18