Pendekatan Health Belief Model untuk Menganalisis Penerimaan Vaksinasi Covid-19 Di Indonesia

  • Anggraeni Puspasari Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Universitas Indonesia
  • Anhari Achadi Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Universitas Indonesia

Abstract

COVID-19 menyebar secara global dengan cepat. Besarnya penyebaran COVID-19 secara global dan adanya deklarasi oleh WHO sebagai pandemi darurat kesehatan masyarakat, maka timbul kebutuhan mendesak akan diagnosa yang cepat, vaksin, dan terapi COVID-19. Beberapa merk vaksin kemudian berhasil dikembangkan, namun, respon penerimaan akan melakukan vaksinasi belum banyak diketahui sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan vaksinasi COVID-19 dengan pendekatan teori Health Belief Model pada masyarakat Indonesia. Menggunakan metode studi analitik dengan jenis penelitian cross sectional, dengan online survey yang disebar ke masyarakat luas yang kemudian di analisis hubungannya dengan penerimaan vaksin COVID-19 Dari 472 responden diketahui ada 439 (93%) responden yang menyatakan akan melakukan vaksin apabila vaksin tersedia. Penerimaan vaksin COVID-19 di Indonesia memiliki hubungan yang signifikan dengan semua komponen HBM. Persepsi hambatan mengenai kekhawatiran tentang efek samping memiliki pengaruh paling besar dengan penerimaan vaksin COVID-19 di Indonesia. Diperlukan sosialisasi informasi mengenai efek samping vaksin dan manfaat yang dirasakan setelah vaksin. Diperlukan juga kerjasama dengan media dalam upaya peningkatan penerimaan vaksin COVID-19 di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 18, 2021
How to Cite
PUSPASARI, Anggraeni; ACHADI, Anhari. Pendekatan Health Belief Model untuk Menganalisis Penerimaan Vaksinasi Covid-19 Di Indonesia. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 8, p. 3709-3721, aug. 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/3750>. Date accessed: 27 sep. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i8.3750.