Analisis Miskonsepsi Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) pada Materi Sistem Reproduksi

  • Eka Kartikawati Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka Jakarta, Indonesia

Abstract

Konsep awal siswa merupakan suatu pengetahuan awal yang biasanya membuat ketidakcocokan pengetahuan yang diterima sehingga menyebabkan adanya miskonsepsi. Jika dibiarkan miskonsepsi pada siswa sangat berpengaruh terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahn konsep yang dialami siswa pendidikan biologi pada konsep materi sistem reproduksi, karena konsep awal dari siswa biasanya mudah diganti apabila orang tersebut diperkenalkan dengan konsep ilmiah yang sebenarnya. Metode deskriptif dalam penelitian ini digunakan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes diagnostik. berupa tes pilihan ganda beralasan dengan penggunaan tingkat keyakinan (CRI). Perolehan hasil dari penelitian ini yaitu persentase paham konsep sebesar 29%, paham konsep tapi kurang yakin sebesar 2%. 44% tidak tahu konsep dan miskonsepsi siswa terhadap materi sistem reproduksi diperoleh rata-rata sebesar 25%. Subkonsep materi sistem reproduksi yang memiliki miskonsepsi tertinggi terdapat pada subkonsep hormone kelamin wanita yaitu sebesar 72 %. Kesimpulan penelitian ini bahwa yang mengalami miskonsepsi pada materi sistem reproduksi tergolong rendah, yaitu hanya sebesar 25%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 18, 2021
How to Cite
KARTIKAWATI, Eka. Analisis Miskonsepsi Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) pada Materi Sistem Reproduksi. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 8, p. 3782-3788, aug. 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/3751>. Date accessed: 27 sep. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i8.3751.