Evaluasi Program Corporate Social Responsibility Perumda Pasar Jaya (Studi Kasus Program CSR PAUD Bina Tunas Jaya di Pasar Induk Kramat Jati)
Abstract
Masa usia dini adalah periode pertama yang mendasar dan perlu diperhatikan serius pada pertumbuhan serta perkembangan anak. Anak usia dini merupakan anak pada usia 0 sampai dengan 6 tahun. Perumda Pasar Jaya melalui Bhakti Isrti Pegawai (BIP) mengimplementasikan program CSR PAUD Bina Tunas Jaya yang bertujuan untuk terwujudnya anak yang cerdas, sehat, jujur, bertanggung jawab, disiplin, adil, peduli, kreatif, dan mandiri khususnya anak anak yang berada di lingkungan Pasar Induk Kramat Jati. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi implementasi Program CSR Perumda Pasar Jaya PAUD Bina Tunas Jaya di Pasar Induk Kramat Jati dalam mencapai tujuan dan sasarannya serta menggambarkan faktor-faktor pendukung dan penghambat pada implementasi program CSR Perumda Pasar Jaya PAUD Bina Tunas Jaya di Pasar Induk Kramat Jati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memahami proses pelaksanaan program CSR PAUD Bina Tunas Jaya. Hasil penelitian menunjukkan proses berjalannya program dilakukan oleh stakeholder yang terlibat seperti Perumda Pasar Jaya, Bhakti Istri Pegawai (BIP) Perumda Pasar Jaya, dan tenaga penddidik PAUD Bina Tunas Jaya. Faktor pendukung program ini, yaitu dukungan yang positif dari berbagai stakeholder seperti Pemerintah, direksi Perumda Pasar Jaya, Bhakti Istri Pegawai (BIP) Perumda Pasar Jaya, dan tenaga pendidik PAUD Bina Tunas Jaya. Direksi Perumda Pasar Jaya berkomitmen untuk mendukung program CSR PAUD Bina Tunas Jaya melalui pendanaan yang berkelanjutan. Faktor penghambat program ini, yaitu aturan baru belajar dari rumah yang belum realistis, beberapa orang tua murid yang menolak ajakan untuk anaknya sekolah, kompetensi tenaga pendidik yang belum maksimal, dan alur administrasi yang kurang efektif dan efisien.
Downloads
References
Anwas, Oos M. (2012). Model PAUD Posdaya sebagai Alternatif Pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Masyarakat. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(3), 319–327. Google Scholar
Arikunto, Suharsimi, & Jabar, Cepi Safruddin Abdul. (2004). Evaluasi program pendidikan pedoman teoritis praktis bagi praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Google Scholar
Arsyad, Fachry. (2016). Evaluasi program CSR perusahaan. Google Scholar
Asri, Tri Mega, & Insari, Fahria Fatma. (2020). Evaluasi Program Corporate Social Responsibility (Csr) Program Bank Sampah Delima Pada Pt Pertamina Ep Asset 4 Field Cepu. Profetik: Jurnal Komunikasi, 12(2), 309–332. Google Scholar
Baihaqi, Baihaqi. (2019). Evaluasi Program CSR PT. Socfindo terhadap Kesejahteraan Masyarakat Nagan Raya. Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi), 13(1), 16–33. Google Scholar
Bungin, Burhan. (2007). Penelitian kualitatif: komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya (Vol. 2). Kencana. Google Scholar
Dinasih, Charisma Rahma, Pradekso, Tandiyo, & Naryoso, Agus. (2013). Evaluasi Program Corporate Social Responsibility Coke Farm untuk Pembangunan Citra Coca-Cola Amatil Indonesia Central Java. Interaksi Online, 1(3). Google Scholar
Heckman, James J. (2011). The economics of inequality: The value of early childhood education. American Educator, 35(1), 31. Google Scholar
Kotler, Philip, & Lee, Nancy. (2008). Corporate social responsibility: Doing the most good for your company and your cause. John Wiley & Sons. Google Scholar
Naraduhita, Dea Cendani, & Sawarjuwono, Tjiptohadi. (2012). Corporate social responsibility: upaya memahami alasan dibalik pengungkapan CSR bidang pendidikan. Jurnal Akuntansi Dan Auditing, 8(2), 95–108. Google Scholar
Nathalia, Jessica, & Fawzi, Indra Lestari. (2018). Evaluasi Manfaat Penggunaan Aplikasi E-mobile Posyandu terhadap Kader Posyandu dalam Proyek Pos Pintar sebagai Program CSR The Hongkong and Shanghai Bank Coorporation (HSBC) di Posyandu Pepaya, RW 16, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 19(2), 96–108. Google Scholar
Neuman, Susan B., & Dickinson, David K. (2003). Handbook of early literacy research. Google Scholar
Pietrzak, Jeanne, Ramler, Malia, Renner, Tanya, Ford, Lucy, & Gilbert, Neil. (1990). Practical program evaluation: Examples from child abuse prevention. SAGE Publications, Incorporated. Google Scholar
Prayogo, Dody, & Hilarius, Yosef. (2012). Efektivitas program CSR/CD dalam pengentasan kemiskinan: studi peran perusahaan geotermal di Jawa Barat. Jurnal Sosiologi Masyarakat, 1(17), 1–22. Google Scholar
Santoso, Meilanny Budiarti, Ismanto, Slamet Usman, Mumajad, Idim, & Mulyono, Hendri. (2019). Pengukuran Dampak Investasi Sosial Pelaksanaan CSR Menggunakan Metode Social Return On Investment (SROI). AdBispreneur: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(2), 153–167. Google Scholar
Susanto, A. B. (2003). Mengembangkan Corporate Social Responsibility di Indonesia. Jurnal Reformasi Ekonomi, 4(1), 8–12. Google Scholar
Sutopo, Dian, Rokhmawati, Andewi, & Andreas, Andreas. (2018). Pengaruh Good Corporate Governance (GCG), LEVERAGE, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility (CSR) Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, 10(4), 695–719. Google Scholar
Copyright (c) 2021 Ahmad Naufal, Indra Lestari Fawzi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.