Evaluasi Program Corporate Social Responsibility Perumda Pasar Jaya (Studi Kasus Program CSR PAUD Bina Tunas Jaya di Pasar Induk Kramat Jati)

  • Ahmad Naufal Universitas Indonesia (UI) Jakarta, Indonesia
  • Indra Lestari Fawzi Universitas Indonesia (UI) Jakarta, Indonesia

Abstract

Masa usia dini adalah periode pertama yang mendasar dan perlu diperhatikan serius pada pertumbuhan serta perkembangan anak. Anak usia dini merupakan anak pada usia 0 sampai dengan 6 tahun. Perumda Pasar Jaya melalui Bhakti Isrti Pegawai (BIP) mengimplementasikan program CSR PAUD Bina Tunas Jaya yang bertujuan untuk terwujudnya anak yang cerdas, sehat, jujur, bertanggung jawab, disiplin, adil, peduli, kreatif, dan mandiri khususnya anak anak yang berada di lingkungan Pasar Induk Kramat Jati. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi implementasi Program CSR Perumda Pasar Jaya PAUD Bina Tunas Jaya di Pasar Induk Kramat Jati dalam mencapai tujuan dan sasarannya serta menggambarkan faktor-faktor pendukung dan penghambat pada implementasi program CSR Perumda Pasar Jaya PAUD Bina Tunas Jaya di Pasar Induk Kramat Jati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memahami proses pelaksanaan program CSR PAUD Bina Tunas Jaya. Hasil penelitian menunjukkan proses berjalannya program dilakukan oleh stakeholder yang terlibat seperti Perumda Pasar Jaya, Bhakti Istri Pegawai (BIP) Perumda Pasar Jaya, dan tenaga penddidik PAUD Bina Tunas Jaya. Faktor pendukung program ini, yaitu dukungan yang positif dari berbagai stakeholder seperti Pemerintah, direksi Perumda Pasar Jaya, Bhakti Istri Pegawai (BIP) Perumda Pasar Jaya, dan tenaga pendidik PAUD Bina Tunas Jaya. Direksi Perumda Pasar Jaya berkomitmen untuk mendukung program CSR PAUD Bina Tunas Jaya melalui pendanaan yang berkelanjutan. Faktor penghambat program ini, yaitu aturan baru belajar dari rumah yang belum realistis, beberapa orang tua murid yang menolak ajakan untuk anaknya sekolah, kompetensi tenaga pendidik yang belum maksimal, dan alur administrasi yang kurang efektif dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 18, 2021
How to Cite
NAUFAL, Ahmad; FAWZI, Indra Lestari. Evaluasi Program Corporate Social Responsibility Perumda Pasar Jaya (Studi Kasus Program CSR PAUD Bina Tunas Jaya di Pasar Induk Kramat Jati). Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 8, p. 3680-3696, aug. 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/3759>. Date accessed: 27 sep. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i8.3759.