Pengaruh Digital Marketing dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Di Era Covid 19 pada Pengguna Aplikasi Tokopedia
Abstract
Dewasa ini, penerimaan masyarakat terhadap perkembangan teknologi dan peningkatan penggunaan internet sangat luas, sehingga digital marketing sudah menjadi suatu kegiatan pilihan utama bagi perusahaan dalam melakukan promosi. Variasi produk adalah kumpulan produk dengan berbagai variasi yang disediakan perusahaan dan ditawarkan kepada konsumen. Minat beli konsumen akan muncul setelah proses evaluasi alternatif, dan konsumen akan memilih produk yang sesuai dan melakukan pembelian berdasarkan merek dan minatnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak pemasaran digital dan variasi produk terhadap preferensi pembelian konsumen Tokopedia di era COVID-19. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 23 dengan metode analisis data regresi linier berganda dan dengan metode penentuan sampel purposive sampling. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa variabel Digital Marketing (X1) meliputi media sosial, optimisasi mesin pencari (SEO), iklan berbasis klik berbayar (PPC), manajemen hubungan pelanggan dan Variasi Produk (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Minat Beli (Y).
Downloads
References
da Silva, Gisele C., da Silva, Abner A. S., da Silva, Larissa S. N., Godoy, Ronoel Luiz de O., Nogueira, Luciana C., Quitério, Simone L., & Raices, Renata S. L. (2015). Method development by GC–ECD and HS-SPME–GC–MS for beer volatile analysis. Food Chemistry, 167, 71–77. Google Scholar
Devita, Vivin Dian. (2020). Peta Persaingan E-Commerce 2020. Google Scholar
Faradisa, Isti, Hasiholan, Leonardo Budi, & Minarsih, Maria Magdalena. (2016). Analisis pengaruh variasi produk, fasilitas, dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang konsumen pada Indonesian coffeeshop Semarang (ICOS CAFE). Journal of Management, 2(2). Google Scholar
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Google Scholar
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2016). Marketing Management (16th ed.; New Jersey, Ed.). Google Scholar
Laluyan, Glen Irwinto, Wibowo, Imam, & Setiorini, Amanda. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen JD. id Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(3). Google Scholar
Naufaly, Yusril Rifqy, Abdi, Tegar Dewata, Cristy, Revinna, Dewata, Dicka Ayu, Putri, Rimanda Arfiana, Agustyas, Eka, Fajar, Yusron Iman, Ramadhan, Khafie, Izra, Nadya Syafira Nurul, & Qomaria, Nila Cantika. (2020). Relasi Kuat antara Generasi Millenial dan Media (Vol. 6). Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang bekerjasama dengan …. Google Scholar
Pranoto, Adeline Hope, & Lumbantobing, Paul. (2021). The Acceptance Technology Model for Adoption of Social Media Marketing in Jabodetabek. The Winners, 22(1). Google Scholar
Reddy, Girshwyn. (2017). Digital marketing impact on the consumer decision making process in Nike’s customer retail operations in South Africa. University of Pretoria. Google Scholar
Saveria, Rachael Abigail. (2016). Analisis Digital Marketing Dalam Strategi Integrated Marketing Communication Kampanye Politik (Studi Kasus Komunitas Teman Ahok). Skripsi. Depok: Universitas Indonesia. Google Scholar
Savitri, Astrid. (2019). Revolusi Industri 4.0: Mengubah Tantangan Menjadi Peluang di Era Disrupsi 4.0. Penerbit Genesis. Google Scholar
Sivasankaran, S. (2013). Digital marketing and its impact on buying behaviour of youth. Hindu. Google Scholar
Suparyogo, I. (2001). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Yogyakarta: Andi. Google Scholar
Tomi, Veri Agus. (2014). Pengaruh Diferensiasi, Variasi, Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keunggulan Bersaing Pada Produk Edamame Pt. Mitratani 27 Jember. Google Scholar
Copyright (c) 2021 Anggie Priscillia N.A, Kristi Airin Sangari, Stella Octaviana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.