PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN MODEL TRANSFORMASIONAL TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU MTS MA’ARIF NU 12 DESA BULAKPAREN KECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREBES.
Abstract
Dalam melaksanakan kepemimpinanya, kepala MTs Ma’arif NU 12 Bulakparen sering melakukan hal-hal yang bertujuan untuk lebih mengembangkan potensi guru, di antaranya yaitu dengan mengadakan diklat di sekolah, mengundang nara sumber untuk perbaikan mutu pengajaran bagi guru, dan juga mengirim guru ke beberapa seminar. Selain itu juga kepala sekolah menerima berbagai masukan dari para guru dalam membuat peraturan dan juga sering memberikan pujian bagi para guru yang telah meningkatkan prestasi anak didiknya. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui pelaksanaan gaya kepemimpinan pendidikan model transformasional di MTs Ma’arif NU 12 Desa Bulakparen Bulakamba Brebes, 2) Untuk mengetahui pelaksanaan disiplin kerja guru di MTs Ma’arif NU 12 Desa Bulakparen Bulakamba Brebes, 3) Untuk mengetahui seberapa besar signifikasi pengaruh gaya kepemimpinan pendidikan model transformasional terhadap disiplin kerja guru MTs Ma’arif NU 12 Desa Bulakparen Bulakamba Brebes. Dalam penelitian ini gaya kepemimpinan pendidikan model transformasional sebagai variabel independen atau variabel bebas yang merupakan variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab berubahnya atau timbulnya variabel dependen (terikat) dan disiplin kerja guru sebagai varibel dependen atau variabel terikat yang merupakan variabel yang dipengaruhi atau akibat karena adanya variabel bebas. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian korelasi sebab akibat dengan pendekatan penelitian berupa pendekatan kuantitatif (empirik) dengan melakukan studi lapangan serta teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa angket (kuesioner), wawancara, dan observasi.
Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan, Model Transformasional, Disiplin Guru.