Analisis Pengaruh Self Leadership dan Entrepreneurial Leadership terhadap Kinerja Karyawan pada Perusahaan Startup Di Kota Bandung

  • Yohana Wijaya Universitas Kristen Maranatha Bandung Jawa Barat, Indonesia
  • Maya Malinda Universitas Kristen Maranatha Bandung Jawa Barat, Indonesia

Abstract

Jumlah perusahaan startup telah berkembang pesat kurang dari sepuluh tahun terakhir ini khususnya di Kota Bandung. Perusahaan startup diyakini akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia karena sifatnya yang memang didesain untuk fokus pada pertumbuhan dan cepat beradaptasi dengan teknologi. Namun, beberapa startup mengalami kegagalan yang disebabkan kurangnya Self Leadership and Entrepreneurial Leadership yang menyebabkan faktor kegagalan terbesar bagi perusahaan startup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami pengaruh Self Leadership dan Entrepreneurial Leadership (variabel independen) terhadap kinerja (variabel dependen) pada karyawan perusahaan startup di Kota Bandung. Penelitian dilakukan pada 100 responden dengan membagikan kuesioner yang sifatnya purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) dengan alat uji Smart PLS dan SPSS. Hasil penelitian menyatakan bahwa karyawan startup di Kota Bandung memiliki nilai yang tinggi untuk dalam  self goal setting  (X12) untuk variabel Self leadership sebesar 0,975, visionary yang tinggi (X22) sebesar 0,848 untuk variabel Entrepreneurial Leadership. Namun sebaliknya, karyawan startup di Kota Bandung memiliki nilai yang rendah untuk self cueing (X11) sebagai indikator terendah dan able to motivate (X21) sebesar 0,577 untuk faktor Entrepreneurial Leadership. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah (1) Self Leadership berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada perusahaan startup di Kota Bandung, (2) Entrepreneurial Leadership berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada perusahaan startup di Kota Bandung (3) Self Leadership dan Entrepreneurial Leadership berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada perusahaan startup di Kota Bandung.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 19, 2021
How to Cite
WIJAYA, Yohana; MALINDA, Maya. Analisis Pengaruh Self Leadership dan Entrepreneurial Leadership terhadap Kinerja Karyawan pada Perusahaan Startup Di Kota Bandung. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 8, p. 4168-4179, aug. 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/3770>. Date accessed: 27 sep. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i8.3770.